Mengerikan! Pelecehan Seksual terhadap Warga Palestina di Penjara Israel

Rabu, 19 Juni 2024 - 12:28 WIB
Tahanan perempuan melaporkan mereka diraba-raba sambil ditutup matanya. Foto/Ilustrasi: MEE
“Mereka memerintahkan kami semua, pria dan wanita, untuk menanggalkan pakaian kami dan terus berjalan, dan memerintahkan kami untuk hanya melihat ke depan,” demikian kesaksian mengerikan dari seorang tahanan Palestina di penjara Israel .

“Saya berjalan telanjang di antara tank, bahkan tidak mengenakan pakaian dalam. Seorang tentara Israel meludahi wajah saya. Saya memaksakan diri untuk tidak bereaksi, karena saya tahu mereka akan mematahkan setiap tulang di tubuh saya jika saya melakukannya.”

Kesaksian seorang tahanan Palestina dari Jalur Gaza yang diungkapkan dalam laporan baru-baru ini oleh Komisi Penyelidikan Internasional Independen PBB, mengungkap pelecehan yang mengerikan terhadap warga Palestina – baik pria maupun wanita – yang mendekam di penjara-penjara Israel.

Beberapa contoh pelecehan seksual dicatat dalam laporan tersebut, termasuk pasukan Israel yang secara terbuka melucuti cadar dan pakaian perempuan Palestina, menjadikan mereka pelecehan seksual di depan kerabat laki-laki dan anggota keluarga dekat mereka.



Badan PBB tersebut, sebagaimana dikutip Press TV, menyatakan bahwa perang genosida Israel terhadap warga Palestina di wilayah pesisir yang terkepung kini telah berbentuk kekerasan seksual yang bertujuan untuk merendahkan dan mempermalukan mereka.

Grafiti seksis dan merendahkan martabat telah dilukis di berbagai situs di Gaza. Warga Palestina dipaksa melakukan tindakan memalukan hanya dengan mengenakan pakaian dalam.

“Sehubungan dengan perintah untuk melepas cadar, pilihan perempuan adalah antara rasa malu atau pelecehan, mungkin kematian,” kata seorang perempuan Palestina yang bekerja di sebuah LSM yang memberikan dukungan psikososial kepada perempuan di Gaza.

“Dipaksa membuka cadar memiliki dampak psikologis yang mendalam terhadap perempuan, ditambah dengan kehilangan dan kesedihan akibat perang yang belum pernah mereka alami sebelumnya.”

Berbagai contoh pelecehan seksual dan pelecehan terhadap perempuan di Jalan Salah al-Din, jalan raya utama di Kota Gaza, dirinci dalam laporan tersebut.

“Berbagai laporan tentang perempuan yang menjadi sasaran kekerasan dan pelecehan seksual ketika dievakuasi dan dihentikan di pos pemeriksaan di Jalan Salah al-Din antara 22 Oktober dan 28 Desember 2023,” kata seorang pembela hak perempuan dari Gaza.

“Ini termasuk ditelanjangi hingga celana dalam oleh tentara laki-laki di depan umum dan tentara laki-laki menyentuh tubuh mereka.”



Laki-laki Palestina diejek dan dilecehkan karena tidak mampu melindungi perempuan dari pelecehan seksual. Menurut laporan tersebut, terdapat beberapa kasus penganiayaan bahkan terhadap perempuan Palestina yang sedang hamil.

“Di pos pemeriksaan darurat, perempuan, laki-laki, anak perempuan, dan anak laki-laki semuanya diminta membuka pakaian di bawah todongan senjata, membuat bola dengan pakaian mereka, dan melemparkan pakaian mereka ke pasukan Israel,” kata laporan komisi PBB.

“Mereka diminta untuk mengangkat dokumen identitas mereka tinggi-tinggi dan terus berjalan tanpa pakaian. Laki-laki telanjang bulat saat berjalan dan perempuan hanya mengenakan pakaian dalam.”

Disuntik

“Saya dipukuli dan disetrum karena menolak disuntik dengan zat yang tidak diketahui jenisnya,” ungkap Samir Abdullah, warga Gaza berusia 23 tahun yang dipenjarakan oleh pasukan Israel, menurut laporan kelompok Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Med yang berbasis di Jenewa.

“Saya melihat orang-orang mengalami penurunan kesehatan yang parah; bahkan ada yang jatuh sakit dan tidak mendapat perawatan medis. Beberapa narapidana juga diberi suntikan yang tidak diketahui identitasnya oleh tentara.”

Abdullah, yang baru saja dibebaskan dari penjara Israel, mengatakan dia disetrum dengan listrik.
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya setan mengalir dalam pembuluh anak Adam layaknya aliran darah.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 4096)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More