Pelabuhan Israel yang Sekarat karena Serangan Houthi: Investor Lari

Minggu, 13 Oktober 2024 - 12:33 WIB
Operasi Houthi selama setahun terakhir telah memberikan dampak buruk pada pelabuhan-pelabuhan laut yang diduduki Israel. Ilustrasi: Ist
OPERASI Houthi Yaman selama setahun terakhir telah memberikan dampak buruk pada pelabuhan-pelabuhan laut yang diduduki Israel . Sebagian besar kapal terpaksa menggunakan rute alternatif di sekitar Tanjung Harapan, sehingga meningkatkan biaya dan perjalanan selama beberapa minggu.

Press TV melaporkan asuransi untuk kapal-kapal komersial Israel yang melewati Laut Merah juga meningkat, dan dalam banyak kasus, perusahaan asuransi menolak untuk melayani mereka karena risiko yang tinggi.

Blokade laut Houthi, bersama dengan serangan pesawat nirawak dan rudal balistik yang sering terjadi di kota paling selatan milik entitas Zionis tersebut, telah memberikan dampak yang menghancurkan pada ekonomi dan pariwisata Israel, yang menyebabkan runtuhnya pelabuhan Eilat yang diduduki.



Pada akhir Desember, pelabuhan tersebut melaporkan penurunan 90 persen dalam aktivitas perdagangan dan dinyatakan bangkrut pada bulan Juli ketika CEO-nya Gideon Golbert mengatakan tidak ada aktivitas di pelabuhan tersebut selama delapan bulan dan tidak ada pendapatan yang masuk.

Pada awal Januari, ketika kerugian diperkirakan mencapai USD3 miliar, Golbert mengumumkan bahwa pelabuhan tersebut hanya dapat mempertahankan operasinya paling lama selama satu bulan, setelah itu mereka akan dipaksa untuk mempertimbangkan PHK dan penutupan sebagian bisnis. Dalam beberapa bulan terakhir, pelabuhan tersebut telah terhenti total.

Sebelumnya, pelabuhan tersebut merupakan pelabuhan terbesar ketiga Israel, setelah Haifa dan Ashdod, dan satu-satunya pelabuhan mereka di Laut Merah, yang terutama menangani kargo curah seperti mineral, serta peti kemas dan impor mobil dari Asia.

Pelabuhan tersebut merupakan tulang punggung ekonomi kota itu dan rezim tersebut memiliki rencana besar untuk itu, membangun bandara baru, gudang, dan kompleks wisata, serta mengundang investor dari negara-negara terbesar.

Karena terhubungnya jaringan pipa minyak dan jalan dengan pantai Mediterania, beberapa pihak bahkan menganggap bahwa koridor Eilat berpotensi menjadi pesaing Terusan Suez, yang memiliki keuntungan tahunan hingga USD10 miliar.



Selain kebangkrutan pelabuhan, banyak dari rencana jangka panjang ini gagal dan sebagian besar investor menghilang karena mereka tidak melihat masa depan dalam investasi mereka di sana.

Blokade tersebut juga memengaruhi dua pelabuhan internasional lainnya karena 30 persen barang impor di Haifa dan Ashdod tiba dari Laut Merah, melalui Terusan Suez, dan volume transshipment keseluruhan untuk semua pelabuhan laut Israel telah menurun hingga 70 persen pada awal tahun 2024.

Pelabuhan Ashdod mengalami penurunan 94 persen dalam jumlah mobil impor di awal tahun, dan pada bulan Agustus, media lokal melaporkan bahwa pelabuhan tersebut kehilangan 63 persen keuntungannya selama kuartal kedua tahun ini.

Kerugian pelabuhan Haifa belum dapat diperkirakan karena serangan baru-baru ini oleh gerakan perlawanan Hizbullah di daerah tersebut, dan aktivitas pelabuhan juga terhambat oleh pemogokan pekerja pada bulan September karena solidaritas dengan keluarga tahanan di Gaza dan penentangan terhadap Netanyahu.

Pada bulan Juli, ketua pelabuhan Ashdod Shaul Schneider menyatakan bahwa jika garis depan utara dengan Hizbullah dibuka, semua pelabuhan laut yang diduduki Israel tidak akan beroperasi kecuali Ashdod.



Perlu juga ditegaskan bahwa 99 persen perdagangan internasional Israel dilakukan melalui ketiga pelabuhan ini karena lalu lintas udara dan perdagangan dengan negara tetangga Mesir dan Yordania sangat kecil.

Lebih jauh lagi, serangan pesawat nirawak dan rudal Houthi di Eilat dan Tel Aviv telah berulang kali menggagalkan lalu lintas di dua bandara internasional rezim tersebut, Ramon dan Ben Gurion.

Blokade laut selatan telah memaksa rezim Israel untuk mencari alternatif dengan panik, terutama dalam bentuk koridor melintasi Jazirah Arab yang disajikan Netanyahu di peta selama dua pidato terakhir di sidang PBB.

Koridor darat ini, yang juga disukai oleh Amerika Serikat, menghubungkan pelabuhan Emirat dan Bahrain dengan Haifa dan Eilat, melalui jalan yang melewati Arab Saudi dan Yordania.
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَكَذٰلِكَ جَعَلۡنَا فِىۡ كُلِّ قَرۡيَةٍ اَكٰبِرَ مُجۡرِمِيۡهَا لِيَمۡكُرُوۡا فِيۡهَا‌ ؕ وَمَا يَمۡكُرُوۡنَ اِلَّا بِاَنۡفُسِهِمۡ وَمَا يَشۡعُرُوۡنَ
Dan demikianlah pada setiap negeri Kami jadikan pembesar-pembesar yang jahat agar melakukan tipu daya di negeri itu. Tapi mereka hanya menipu diri sendiri tanpa menyadarinya.

(QS. Al-An'am Ayat 123)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More