Jadwal Imsakiyah Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan, 7 Ramadhan 1443 Hijriyah

Sabtu, 09 April 2022 - 02:15 WIB
Jadwal imsak dan sholat untuk wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan untuk 7 Ramadhan 1443 Hijriyah. Foto SINDOnews
Jadwal imsakiyah ini berlaku untuk wilayah Kota Jakarta, Kota Bandung, Kota Surabaya dan Kota Medan, termasuk untuk jadwal sholat untuk hari ke-7 Ramadhan 1443 hijriyah. Jadwal imsakiyah dan jadwal sholat berikut bersumber dari Kementrian Agama Repbulik Indonesia.

Dahsyatnya Doa di Bulan Ramadhan:

Termasuk keberkahan bulan Ramadhan adalah Allah Ta'ala memuliakan kita semua dengan jaminan terkabulkannya doa. Artinya, Keadaan berpuasa merupakan saat-saat waktu mustajab untul terkabulkannya doa.

Baca Juga: Jadwal Sholat April 2022 untuk Kota Jakarta dan Sekitarnya

Al-ustadz Abu Ubaidah As Sidawi mengutip Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam kitab Al Washiyyatul Shughro menjelaskan bahwa doa adalah kunci semua kebaikan di dunia dan akherat.



Muthorrif bin Abdillah Asy Syikhir berkata dalam buku AZ Zuhud : "Saya merenungi tentang sumber kebaikan, ternyata kebaikan itu banyak, ada sholat dan puasa, ternyata semuanya di tangan Allah, dan engkau tidak mungkin meraih apa yg di sisi Allah kecuali dengan meminta kepadaNya. Dari situlah aku faham bahwa sumber kebaikan adalah doa".

Hal ini diisyaratkan oleh Allah dalam Al Quran ketika menjelaskan hukum-hukum puasa:

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al Baqarah: 186)

Menurut Ibnu Katsir, lenyebutan ayat ini yang berisi anjuran berdoa di tengah-tengah hukum tentang puasa, memberikan petunjuk agar bersemangat berdoa usai puasa, bahkan setiap berbuka.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga bermanfaat.

Berikut jadwal imsakiyah untuk wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya dan Kota Medan untuk tanggal 8 April 2022 (5 Ramadhan 1433 Hijriyah). Jadwal ini menjadi panduan dan untuk masyarakat di wilayah sekitarnya dapat menyesuaikan diri.

JAKARTA dan Sekitarnya:

Imsak : 04.29 WIB

Subuh : 04.39 WIB

Dzuhur : 11.58 WIB

Ashar : 15.14 WIB

Maghrib : 17.58 WIB

Isya : 19.07 WIB

BANDUNG :
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah, ia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalain akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang laki-laki adalah pemimpin atas keluarganya dan ia akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang wanita adalah pemimpin atas rumah suaminya, dan ia pun akan dimintai pertanggungjawabannya. Dan seorang budak juga pemimpin atas atas harta tuannya dan ia juga akan dimintai pertanggungjawabannya.  Sungguh setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawabannya.

(HR. Bukhari No. 4789)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More