Siapakah Seburuk-buruk Manusia? Ini Pesan Rasulullah SAW

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 08:30 WIB
Di antara kriteria manusia paling buruk di sisi Allah adalah hamba yang sombong, berlagak menonjolkan diri dan lupa kepada Allah. Foto/ilustrasi
Dalam banyak riwayat Hadis, Rasulullah SAW menyampaikan kriteria manusia paling buruk di sisi Allah. Siapa sajakah seburuk-buruk hamba yang dimaksud Rasulullah SAW? Simak pesan Beliau berikut ini.

Dalam Kitab Al-Mawa'izh Al-'Ushfuriyah, Syaikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menukil salah satu hadis dari Asma binti Umais al-Khots'amiah radhiyallahu 'anha bahwa ia berkata: Saya mendengar Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Seburuk-buruknya manusia adalah hamba yang sombong, berbuat aniaya, berlagak menonjolkan diri. Ia lupa dari Allah Yang Maha Besar dan Maha Tinggi.

Seburuk-buruk manusia adalah yang lalai dan lupa dengan kuburan dan busuknya jasad. Seburuk-buruk manusia adalah hamba yang bertindak sewenang-wenang melewati batas. Ia lupa dengan permulaan dan akhir.

Seburuk-buruk manusia adalah hamba yang memilih dunia dengan mengatasnamakan agama. Seburuk-buruk manusia adalah yang memanipulasi dunia dengan hal-hal syubhat. Seburuk-buruk manusia adalah hamba yang memiliki sifat tamak (rakus) yang dapat menuntunnya ke neraka.

Seburuk-buruk manusia adalah hamba yang diperbudak oleh hawa nafsu yang menyesatkannya. Seburuk-buruk maniusia adalah hamba yang diperbudak oleh kesenangan yang dapat menghinakannya dan jauh dari kebenaran."

Dalam riwayat lain, Nabi sholallohu 'alaihi wasallan juga bersabda: "Kalian akan mendapati seburuk-buruk manusia adalah orang-orang yang bermuka dua (kaum munafik)." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, "Orang seperti apakah paling baik?" Beliau menjawab: "Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya." Lalu orang seperti apa yang paling buruk wahai Rasulullah?" Nabi menjawab: "Orang yang panjang umurnya, tapi buruk amal perbuatannya." (HR at-Tirmidzi)

"Sungguh manusia paling buruk kedudukannya di sisi Allah adalah seseorang yang ditinggalkan (dijauhi) oleh sesamanya karena takut kepada kejahatannya." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Demikian peringatan Rasulullah SAW tentang hamba-hamba paling buruk. Semoga Allah melindungi kita dari sifat dan karakter buruk tersebut.

(rhs)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Iman memiliki lebih dari enam puluh cabang, dan malu adalah bagian dari iman.

(HR. Bukhari No.8)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More