Nama-nama Keturunan Iblis Berikut Tugas-tugasnya

Selasa, 04 Oktober 2022 - 21:49 WIB
Sudah menjadi ketetapan Allah Taala bahwa Iblis dan bala tentaranya akan menggoda manusia hingga Hari Kiamat. Foto/ilustrasi
Nama-nama keturunan Iblis berikut tugasnya perlu diketahui umat muslim. Sudah menjadi ketetapan Allah Ta'ala bahwa Iblis dan bala tentaranya akan menggoda manusia hingga Hari Kiamat.

Iblis merupakan makhluk ciptaan Allah yang dilaknat karena menolak perintah Allah untuk bersujud kepada manusia pertama, yakni Nabi Adam 'alaihissalam.

Iblis menolak bersujud karena merasa lebih tinggi dan lebih mulia dari Nabi Adam. Mengutip keterangan Skripsi berjudul "Wawasan Al-Qur’an Tentang Iblis" karya Mawardi, disebutkan bahwa Iblis berasal dari kata "balasa" yang berarti dia menyesal. Jadi, iblis bisa diartikan sebagai "Yang menyebabkan penyesalan".

Dalam Al-Qur'an, Iblis disebut salah satu golongan jin yang durhaka kepada Allah. Hal ini sebutkan dalam Surah Al-Kahfi ayat 50.

وَاِذۡ قُلۡنَا لِلۡمَلٰۤٮِٕكَةِ اسۡجُدُوۡا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوۡۤا اِلَّاۤ اِبۡلِيۡسَؕ كَانَ مِنَ الۡجِنِّ فَفَسَقَ عَنۡ اَمۡرِ رَبِّهٖؕ اَفَتَـتَّخِذُوۡنَهٗ وَذُرِّيَّتَهٗۤ اَوۡلِيَآءَ مِنۡ دُوۡنِىۡ وَهُمۡ لَـكُمۡ عَدُوٌّ ؕ بِئۡسَ لِلظّٰلِمِيۡنَ بَدَلًا



Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat, "Sujudlah kamu kepada Adam!" Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Dia adalah dari (golongan) jin, maka dia mendurhakai perintah Tuhannya. Pantaskah kamu menjadikan dia dan keturunannya sebagai pemimpin selain Aku, padahal mereka adalah musuhmu? Sangat buruklah (Iblis itu) sebagai pengganti (Allah) bagi orang yang zalim." (Al-Kahfi ayat 50)

Iblis memiliki keahlian berbeda-beda dan memiliki tugas sendiri dalam menyesatkan manusia. Berikut delapan nama keturunan Iblis beserta tugas-tugasnya.

1. Iblis Zailatun atau Zalanbur

Golongan Iblis ini memiliki tugas untuk menyesatkan para pedagang di pasar agar berdusta, mengurangi timbangan, hingga merayu para pedagang untuk melakukan kecurangan dalam transaksi dengan bujukan agar cepat kaya.

2. Iblis Akwan

Akwan memiliki tugas untuk menjerumuskan dan merayu para remaja dan pemimpin umat untuk berlaku zalim, menjauhkan mereka dari hal-hal Ma'ruf, hingga mempengaruhi untuk berbuat maksiat dan kemungkaran.

3. Iblis Wamurah

Golongan Iblis ini memiliki tugas menyesatkan para penyanyi guna menyenandungkan lagu-lagu penuh maksiat, menggoda untuk berbuat munkar, serta lagu-lagu yang berlirik kebebasan tanpa etika.

4. Iblis Wawatsin

Tugas Iblis wawatsin adalah menjerumuskan orang-orang mukmin agar selalu menggerutu, tidak sabar, dan tidak ikhlas setiap kali ditimpa ujian atau cobaan dari Allah Swt.

5. Iblis Hafaf

Iblis Hafaf ini memiliki tugas menyesatkan orang beriman ke jurang penuh dosa dengan tipu dayanya. Selain itu, mereka juga menggoda orang Islam untuk meminum khamr atau minuman keras.

6. Iblis A'war

Tugas Iblis A'war adalah menggoda dan menjerumuskan laki-laki dan perempuan untuk saling berbuat zina atau melakukan perbuatan maksiat lainnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Allah 'azza wajalla telah berfirman: Setiap amal anak Adam adalah teruntuk baginya kecuali puasa. Puasa itu adalah bagi-Ku, dan Akulah yang akan memberinya pahala.  Dan puasa itu adalah perisai. Apabila kamu puasa, maka janganlah kamu merusak puasamu dengan rafats, dan jangan pula menghina orang. Apabila kamu dihina orang atau pun diserang, maka katakanlah, 'Sesungguhnya saya sedang berpuasa.'  Demi Allah, yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat kelak daripada wanginya kesturi. Dan bagi mereka yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Ia merasa senang saat berbuka lantaran puasanya, dan senang pula saat berjumpa dengan Rabbnya juga karena puasanya.

(HR. Muslim No. 1944)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More