Inilah Manfaat Membaca Surat Yasin untuk Ibu Hamil

Selasa, 03 Januari 2023 - 13:59 WIB
Banyak manfaat dari membaca surat Yasin, salah satunya bila dibaca rutin oleh ibu hamil, maka sang ibu dan bayi yang ada dalam kandungannya mendapat ketenangan hati. Foto istimewa
Manfaat membaca surat Yasin untuk ibu hamil banyak sekali, salah satunya akan membuat si jabang bayi yang ada dalam kandungan ibunya tersebut akan mendapatkan ketenangan hati dan terhindar dari godaan setan.

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al Qur'an terletak di Juz 22 dan 23 dengan jumlah 83 ayat. Surat Yasin masuk dalam golongan Makiyah atau yang diturunkan di Makkah. Arti surat itu hanya Allah yang tahu, namun ada beberapa versi mengenai arti Yasin dari ulama.



Dari hadis yang diriwayatkan Ibnu 'Abbas diperoleh keterangan bahwa Yasin bermakna ya insan (wahai manusia) yakni wahai Muhammad. Demikian pula pendapat Abu Hurairah, 'Ikrimah, adh-ahhak, Sufyan bin Uyainah dan Sa'id bin Jubair. Menurut mereka, ya sin berasal dari logat Habsyah. Sedang Malik yang meriwayatkan dari Zaid bin Aslam menyebutkan arti ya sin adalah kependekan dari nama-nama Allah.

Ada lagi yang berpendapat ya sin ringkasan dari kalimat "Ya Sayidal Basyar", yakni Nabi Muhammad sendiri. Atau ia adalah salah satu nama dari Al-Qur'an. Namun demikian, mayoritas ulama menyerahkan arti ya sin kepada Allah.



Banyak sekali keutamaan dan manfaat membaca surat Yasin ini. Karena Surat Yasin merupakan kalbunya Al Qur'an. Orang yang membaca Surat Yasin setiap hari baik itu setelah subuh, siang, sore maupun malam hari akan mendapat pahala dengan seperti ganjaran membaca Al Qur'an 10 kali.

Apalagi untuk doa ibu hamil . Ibu hamil yang beragama Islam dianjurkan untuk selalu berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT. Tujuannya agar sang jabang bayi dalam kandungan selalu sehat sampai masa persalinan tiba serta tumbuh menjadi anak yang saleh dan salehah.

Mengutip buku 'Doa Pada Masa Kehamilan' karya Hendri Kusuma Wahyudi, ibu hamil disarankan untuk memperbanyak membaca doa, terutama ketika umur kandungan menginjak empat bulan. Di usia tersebut, Allah telah meniupkan ruh ke dalam jasad janin. Selain itu, dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa pada waktu pagi dan sore hari. Sebab, di waktu-waktu tersebut terdapat manfaat dan berkah yang sangat besar. Salah satu doa yang diamalkan oleh ibu hamil ini, adalah Surat Yasin.

Berikut, beberapa manfaat membaca surat Yasin bagi ibu hamil, di antaranya:

1. Membaca surat Yasin setiap selesai sholat maghrib. Fadhilahnya adalah agar kandungan Anda terjaga kesehatannya.

2. Surat Yasin memilki keutamaan yang sangat luar biasa bagi yang membaca dan mengamalkannya. Ibu hamil juga sangat dianjurkan membaca surat ini di setiap kesempatan. Keadaan janin akan dijauhkan dari godaan setan dan kejahatan manusia, serta sang buah hati kelak menjadi pribadi yang tenang hatinya.

3. Sering atau rutin membaca surat Yasin, agar janin dalam kandungannya sehat.

Pada usia 1 bulan sampai 4 bulan janin dalam kandungan masih dalam bentuk alaqah (segumpal darah). Fase ini zigot tumbuh membesar dan hanya membentuk beberapa sel. Selanjutnya memasuki usia empat bulan janin menjadi mudghah (segumpal daging). Dalam hadist disebutkan bahwa pada saat itu Allah meniupkan ruh pada janin.

Allah Subhanahu wa ta'ala juga telah menetapkan empat hal pada janin, yaitu: rejeki, ajal, amal perbuatan dan kebahagiaan atau kesengsaraan selama hidupnya nanti.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wid)
cover top ayah
فَقَضٰٮهُنَّ سَبۡعَ سَمٰوَاتٍ فِىۡ يَوۡمَيۡنِ وَاَوۡحٰى فِىۡ كُلِّ سَمَآءٍ اَمۡرَهَا‌ ؕ وَزَ يَّـنَّـا السَّمَآءَ الدُّنۡيَا بِمَصَابِيۡحَ ‌ۖ وَحِفۡظًا ‌ؕ ذٰ لِكَ تَقۡدِيۡرُ الۡعَزِيۡزِ الۡعَلِيۡمِ
Lalu diciptakan-Nya tujuh langit dalam dua masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing-masing. Kemudian langit yang dekat (dengan bumi), Kami hiasi dengan bintang-bintang, dan (Kami ciptakan itu) untuk memelihara. Demikianlah ketentuan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.

(QS. Fussilat Ayat 12)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More