Jejak Sejarah Penyebaran Islam di Masjid Al Mustofa, Bogor Utara

Inilah Masjid Al Mustofa di Kampung Kaum, Bantarjati, Bogor Utara. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang juga menyimpan sejarah. Masjid ini terletak di pemukiman padat penduduk dekat pusat Kota Bogor

Meski usianya tua, masjid sudah mengalami peremajaan di bagian luarnya. Namun tak merubah bentuk aslinya masjid yang dibangun dua orang penyebar Islam. dengan arsitektur perpaduan Cirebon dan Banten terdapat tiang-tiang kokoh dari kayu jati dengan sembilan goresan di bagian dekat mimbar melambangkan Walisongo.

Masjid ini dibangun oleh penyebar Islam asal Banten, Tubagus H Mustofa Bakri dan Raden Dita Manggala asal Cirebon pada 8 Februari 1307 Masehi atau 2 Ramadhan 728 H. Peninggalan bersejarah di masjid masih tersimpan dan terawat dengan baik.

Yakni Al-Quran dan khotbah salat Jumat yang ditulis tangan Tubagus Mustofa Bakri dan mata air yang bersumber tidak jauh dari masjid yang disalurkan ke kolam masjid. Masjid Al Mustofa menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Kota Bogor pada 2011. Masjid ini saksi perjalanan penyebaran agama Islam di Kota Hujan.

Reporter: Putra Ramadhani Astyawan

(sir)
cover top ayah
وَ اِذۡ اَخَذَ رَبُّكَ مِنۡۢ بَنِىۡۤ اٰدَمَ مِنۡ ظُهُوۡرِهِمۡ ذُرِّيَّتَهُمۡ وَ اَشۡهَدَهُمۡ عَلٰٓى اَنۡفُسِهِمۡ‌ ۚ اَلَسۡتُ بِرَبِّكُمۡ‌ ؕ قَالُوۡا بَلٰى‌ ۛۚ شَهِدۡنَا ‌ۛۚ اَنۡ تَقُوۡلُوۡا يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ اِنَّا كُنَّا عَنۡ هٰذَا غٰفِلِيۡنَ
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka (seraya berfirman), "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab, "Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini. (keEsaan Tuhan)".

(QS. Al-A’raf:172)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!