Jejak Sejarah Penyebaran Islam di Masjid Al Mustofa, Bogor Utara

Senin, 19 April 2021 - 19:58 WIB
loading...
A A A
Inilah Masjid Al Mustofa di Kampung Kaum, Bantarjati, Bogor Utara. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang juga menyimpan sejarah. Masjid ini terletak di pemukiman padat penduduk dekat pusat Kota Bogor

Meski usianya tua, masjid sudah mengalami peremajaan di bagian luarnya. Namun tak merubah bentuk aslinya masjid yang dibangun dua orang penyebar Islam. dengan arsitektur perpaduan Cirebon dan Banten terdapat tiang-tiang kokoh dari kayu jati dengan sembilan goresan di bagian dekat mimbar melambangkan Walisongo.

Masjid ini dibangun oleh penyebar Islam asal Banten, Tubagus H Mustofa Bakri dan Raden Dita Manggala asal Cirebon pada 8 Februari 1307 Masehi atau 2 Ramadhan 728 H. Peninggalan bersejarah di masjid masih tersimpan dan terawat dengan baik.

Yakni Al-Quran dan khotbah salat Jumat yang ditulis tangan Tubagus Mustofa Bakri dan mata air yang bersumber tidak jauh dari masjid yang disalurkan ke kolam masjid. Masjid Al Mustofa menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Kota Bogor pada 2011. Masjid ini saksi perjalanan penyebaran agama Islam di Kota Hujan.

Reporter: Putra Ramadhani Astyawan
(sir)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
playme/ rendering in 1.3837 seconds (0.1#10.140)