Masjid Peneleh Surabaya, Warisan Luhur Sunan Ampel Penyangga Keimanan Umat

Kota Surabaya sebagai kota pahlawan menyimpan banyak situs bersejarah. Hampir di setiap sudut kota ini terlihat simbol-simbol sejarah para pejuang. Salah satunya Kampung Peneleh, sebuah perkampungan tertua di Kota Pahlawan. Di sini berdiri Masjid Jami' Peneleh Surabaya yang berada di Jalan Peneleh, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Tidak ada literatur pasti mengenai sejarah berdirinya Masjid Peneleh. Namun Masjid dengan artitektur kuno ini merupakan salah satu masjid tertua di Surabaya. Masjid yang dibangun sekitar abad ke 18 atau 1430 Masehi menjadi tempat penyebaran agama Islam di perkampungan Peneleh.

Reporter: Ali Masduki

(nas)

cover top ayah
اِعۡلَمُوۡۤا اَنَّمَا الۡحَيٰوةُ الدُّنۡيَا لَعِبٌ وَّلَهۡوٌ وَّزِيۡنَةٌ وَّتَفَاخُرٌۢ بَيۡنَكُمۡ وَتَكَاثُرٌ فِى الۡاَمۡوَالِ وَالۡاَوۡلَادِ‌ؕ كَمَثَلِ غَيۡثٍ اَعۡجَبَ الۡكُفَّارَ نَبَاتُهٗ ثُمَّ يَهِيۡجُ فَتَرٰٮهُ مُصۡفَرًّا ثُمَّ يَكُوۡنُ حُطٰمًا‌ؕ وَفِى الۡاٰخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيۡدٌ ۙ وَّمَغۡفِرَةٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرِضۡوَانٌ‌ؕ وَمَا الۡحَيٰوةُ الدُّنۡيَاۤ اِلَّا مَتَاعُ الۡغُرُوۡرِ
Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.

(QS. Al-Hadid:20)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!