Surat Yusuf Ayat 88: Saudara Nabi Yusuf Kembali ke Mesir Meminta Bantuan Al-Aziz

Senin, 13 Februari 2023 - 22:12 WIB
loading...
Surat Yusuf Ayat 88: Saudara Nabi Yusuf Kembali ke Mesir Meminta Bantuan Al-Aziz
Ilustrasi saudara-saudara Nabi Yusuf ketika bertemu Al-Aziz (Nabi Yusuf) untuk meminta bantuan bahan makanan. Foto/tangkapan layar film Nabi Yusuf
A A A
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Pada ayat ini diceritakan kisah saudara-saudara Nabi Yusuf yang kembali ke Mesir sebagaimana perintah ayah mereka, Nabi Yakub. Sesampainya di Mesir, mereka menghadap Al-Aziz untuk memohon bantuan bahan makanan.

Anak-anak Nabi Yakub ini tidak tahu kalau Al-Aziz itu adalah Nabi Yusuf yang dulu mereka buang ke sumur. Kepada Al-Aziz, mereka mengadukan musibah kelaparan sehingga menjadi kurus dan lemah. Selain itu, mereka juga ingin mengetahui keadaan Yusuf dan Bunyamin.

Berikut lanjutan kisahnya dalam tadabbur Surat Yusuf. Allah berfirman:

فَلَمَّا دَخَلُوْا عَلَيْهِ قَالُوْا يٰٓاَيُّهَا الْعَزِيْزُ مَسَّنَا وَاَهْلَنَا الضُّرُّ وَجِئْنَا بِبِضَاعَةٍ مُّزْجٰىةٍ فَاَوْفِ لَنَا الْكَيْلَ وَتَصَدَّقْ عَلَيْنَاۗ اِنَّ اللّٰهَ يَجْزِى الْمُتَصَدِّقِيْنَ[arabClpse]
Artinya: "Maka ketika mereka masuk ke (tempat) Yusuf, mereka berkata, "Wahai Al-Aziz! Kami dan keluarga kami telah ditimpa kesengsaraan dan kami datang membawa barang-barang yang tidak berharga, maka penuhilah jatah (gandum) untuk kami, dan bersedekahlah kepada kami. Sesungguhnya Allah memberi balasan kepada orang yang bersedekah." (QS Yusuf ayat 88)

Pesan dan Hikmah
1. Saudara-saudara Nabi Yusuf kembali datang ke Mesir untuk yang ketiga kalinya. Mereka datang dengan kondisi sangat memprihatinkan, penuh kesulitan dan penderitaan. Bahkan mereka hanya membawa barang yang tidak berharga sama sekali sebagai alat tukarnya.

2. Melihat kondisi saudara-saudarnya yang memprihatinkan ini, Nabi Yusuf pun menangis, tidak tega melihat mereka dalam kesusahan. Beginilah seharusnya sikap orang beriman, ikut merasa susah ketika melihat orang lain susah, dan bahagia saat melihat orang lain juga bahagia.

3. Bersedekahlah kepada orang yang sudah nampak di hadapan kita dalam kondisi kesusahan. Di situlah ada ridha dan rahmat Allah.

4. "Sesungguhnya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bersedekah." Yakinlah dengan janji Allah ini. Sedekah kita selalu mendapatkan balasan yang beragam baik di dunia sebelum nanti di Akhirat. Ada banyak cara Allah menunjukkan balasan sedekah hamba-Nya, seperti sembuh dari sakit, terkabul hajat, reputasi yang harum, kenikmatan ibadah dan lain sebagainya.



(Bersambung)!
Surat Yusuf Ayat 88: Saudara Nabi Yusuf Kembali ke Mesir Meminta Bantuan Al-Aziz
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2308 seconds (0.1#10.140)