Kapan Batas Akhir Salat Witir? Begini Penjelasannya

Jum'at, 31 Maret 2023 - 20:01 WIB
loading...
Kapan Batas Akhir Salat Witir? Begini Penjelasannya
Batas akhir salat witir bisa dilakukan setelah salat isya hingga menjelang waktu subuh tiba, karena salat witir disebut juga sebagai penutup rangkaian salat. Foto istimewa
A A A
Sering dipertanyakan kapan batas akhir salat witir ? Batas waktu penutup salat ini penting diketahui agar tidak terlewatkan bagi yang mengamalkannya.

Dalam fiqih salat, dijelaskan bahwa waktu yang tepat untuk melakukan salat witir adalah selepas salat isya. Namun, masih banyak yang tidak tahu batas waktu salat witir sampai jam berapa. Kapan sebenarnya batas akhir salat sunnah muakad ini?

Syekh Wahbah Zuhaili berpendapat mengenai batas waktu salat witir sebagaimana yang terdapat dalam kitab al-Fiqhul Islami wa Adillatuhu. Kitab tersebut menjelaskan pelaksanaan salat witir setelah melaksanakan salat isyat.

Dalam pelaksanaannya, sebelum salat witir , seseorang harus melaksanakan salat isya terlebih dahulu. Seseorang tidak dapat melaksanakan salat witir tanpa melakukan salat isya meski sudah masuk waktu isya. Sedangkan batas waktu salat witir sampai akhir malam atau menjelang fajar. Sebab, salat witir adalah penutup ibadah pada malam hari.

Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Khudri mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Salat witirlah kalian sebelum tiba waktu subuh,” (HR Muslim)”

Selain itu, Ibu Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Jadikanlah akhir salatmu di malam hari dengan melakukan solat witir.” (HR Bukhari dan Muslim).

Salat witir juga masuk kedalam tiga wasiat yang tidak pernah Rasulullah SAW tinggalkan:

أوصاني خليلي بثلاث لا أدعين حتى أموت : صوم ثلاثة أيام من كل شهر . وصلاة الصحى ، ولوم على وثر


Artinya: "Rasulullah mewasiatkan kepadaku tiga hal yang tidak akan aku tinggalkan selama hidupku, yaitu salat dhuha, berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, dan salat witir sebelum tidur." (HR Bukhari dan Muslim)

Dapat disimpulkan bahwa batas akhir waktu salat witir yaitu pada awal malam setelah salat isya atau akhir malam sebelum masuk waktu subuh.

Ibnu Asrori Najib dan Siti Sulaikho dalam Mura'atul Ibadah Fi At-Thoharah Wa Sholat menganjurkan salat witir pada awal waktu bagi seseorang yang khawatir tidak dapat bangun pada akhir malam.


Wallahu a'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)