Surat Yusuf Ayat 96: Nabi Yakub Bisa Melihat Kembali Seperti Sedia Kala

Sabtu, 01 April 2023 - 00:09 WIB
loading...
Surat Yusuf Ayat 96: Nabi Yakub Bisa Melihat Kembali Seperti Sedia Kala
Ilustrasi Nabi Yakub bisa melihat kembali setelah mengusap baju gamis Nabi Yusuf yang diantar oleh anak-anaknya dari Mesir. Foto/tangkapan film Nabi Yusuf
A A A
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Kesabaran Nabi Yakub 'alaihissalam atas ujian yang dialaminya akhirnya berbuah berkah. Mata yang sebelumnya memutih akhirnya sembuh atas izin Allah.

Kesedihan berubah menjadi kegembiraan setelah anak-anaknya datang membawa baju gamis Nabi Yusuf. Penglihatan Nabi Yakub sembuh setelah gamis Nabi Yusuf diusapkan ke wajah ayah mereka.

Berikut kisahnya diceritakan dalam lanjutan tadabur Surat Yusuf :

فَلَمَّاۤ اَنۡ جَآءَ الۡبَشِيۡرُ اَلۡقٰٮهُ عَلٰى وَجۡهِهٖ فَارۡتَدَّ بَصِيۡرًا ‌ ؕۚ قَالَ اَلَمۡ اَقُل لَّـكُمۡ‌ ۚ‌ ۙ اِنِّىۡۤ اَعۡلَمُ مِنَ اللّٰهِ مَا لَا تَعۡلَمُوۡنَ‏

Artinya: "Maka ketika telah tiba pembawa kabar gembira itu, maka diusapkannya (baju itu) ke wajahnya (Yakub), lalu dia dapat melihat kembali. Dia (Yakub) berkata, "Bukankah telah aku katakan kepadamu, bahwa aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui." (QS Yusuf ayat 96)

Pesan dan Hikmah
1. Menurut sebuah riwayat, yang membawa baju gamis Nabi Yusuf saat itu adalah anaknya yang sama saat memberikan baju Yusuf yang penuh darah palsu kepada Nabi Yakub. Anak Nabi Yakub yang dimaksud adalah Yahuda yang seakan-ingin memperbaiki kesalahan yang dulu pernah diperbuatnya. Jika dulu gamis yang memberikan kabar menyedihkan dan menyusahkan, maka kali ini gamis tersebut membawa kabar menggembirakan.

2. Seketika gamis Yusuf itu diusapkan ke wajah Nabi Yakub, kembalilah penglihatannya. Lagi-lagi Nabi Yakub mengingatkan dengan ucapannya yang dulu pernah dikatakan pula di hadapan anak-anaknya, "Bahwa aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tidak mengetahuinya."

(Bersambung)!

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2191 seconds (0.1#10.140)