Qari Indonesia Asal Jakarta Raih Juara MTQ Internasional di Dubai

Rabu, 05 April 2023 - 23:51 WIB
loading...
Qari Indonesia Asal Jakarta Raih Juara MTQ Internasional di Dubai
Fatwa Hadi Maulana, qari asal DKI Jakarta, berhasil mengukir prestasi pada ajang MTQ Ke-26 tingkat internasional, di Dubai, Uni Emirat Arab. Foto: Dok Kemenag
A A A
JAKARTA - Qari Indonesia kembali meraih juara dalam Tilawatil Quran tingkat dunia. Fatwa Hadi Maulana, qari asal DKI Jakarta, berhasil mengukir prestasi pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-26 tingkat internasional, di Dubai, Uni Emirat Arab.

Fatwa Hadi menduduki peringkat 4 cabang Tahfidz 30 Juz pada ajang yang berlangsung dari 24 Maret sampai dengan 4 April 2023.



“Ini menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi kita semua, bahwa putra putri terbaik Indonesia mampu berdiri sejajar dan unggul dari kompetitor negara lain," ujar Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama, Ahmad Zayadi, dalam keterangannya, Rabu (5/4/2023).

Fatwa Hadi Maulana merupakan Juara 1 pada MTQ Nasional cabang Tahfiz 30 juz putera tahun 2022. Rekrutmen Fatwa Hadi sebagai delegasi Indonesia dalam ajang MTQ Internasional ini dilakukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Nasional.



Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Alquran dan Alhadist Rijal Ahmad Rangkuty mengapresiasi proses pembinaan para qari yang dilakukan sehingga membuahkan prestasi internasional.

"Ini tidak terlepas dari sistem penyelenggaraan MTQ yang semakin baik, sehingga menghasilkan output juara yg berkualitas. Raihan prestasi internasional kali ini juga menunjukkan bahwa sistem pembinaan LPTQ berjalan baik dan seleksi pengiriman delegasi sudah profesional dan terukur," tuturnya.

Menurut dia, raihan prestasi internasional ini membuktikan bahwa sistem pembinaan LPTQ berjalan baik, dan seleksi pengiriman delegasi sudah profesional dan terukur.

Sebelumnya, dua penghafal hafidz Indonesia berhasil meraih juara 1 dan 2 cabang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) yang berlangsung di Thailand pada Maret 2023 lalu.

Mereka adalah Hafidz asal Sulawesi Tenggara, Ach Faiz Fikri, yang berhasil meraih juara 1 cabang Hafalan 30 Juz Putra. Kemudian hafidz asal Sumatera Selatan, Abdurrahman Huzaifi, berhasil meraih juara 2 cabang Hafalan 10 Juz Putra.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)