Gandeng TNI AL, BAZNAS Gelar Mudik Gratis dengan Kapal Perang

Selasa, 18 April 2023 - 17:00 WIB
loading...
Gandeng TNI AL, BAZNAS Gelar Mudik Gratis dengan Kapal Perang
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali saat melepas para pemudik yang naik kapal perang. Foto/Ilustrasi: Bachtiar Rojab/SINDOnews
A A A
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan TNI AL memberangkatkan peserta mudik lebaran gratis menggunakan kapal perang Indonesia (KRI) Banjarmasin 592 milik TNI AL.

Sebanyak 467 orang, 20 balita dan 153 motor sepeda motor diberangkatkan dari Mako Kolinlamil Jakarta Utara pada Selasa (18/4/2023) pagi menuju Semarang dan Surabaya. Sementara pada arus balik yang akan dilaksanakan pada 25 April 2023 KRI yang sama akan mengangkut 120 orang dan 22 sepeda motor.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, kegiatan mudik gratis dengan kapal perang ini merupakan dukungan TNI AL untuk menyukseskan mudik lebaran tahun 2023.

"Dengan kapal perang ini, TNI AL membantu warga dan keluarga besar TNI AL yang ingin merayakan lebaran bersama keluarga, sekaligus mengurangi risiko kecelakaan," kata KSAL saat melepas para pemudik.



Dengan mudik menggunakan kapal, sambung KSAL, motor para pemudik bisa diparkir, sehingga pemudik bisa beristirahat.

Gandeng TNI AL, BAZNAS Gelar Mudik Gratis dengan Kapal Perang

Pada kesempatan yang sama, Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., mengatakan kegiatan mudik gratis ini merupakan bentuk komitmen BAZNAS bekerja sama dengan TNI AL.

Sebelumnya, kata Noor, BAZNAS juga bekerja sama dengan TNI AL menyelenggarakan pesantren kilat di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (992) selama tiga hari.

"Para pemudik termasuk ke dalam delapan asnaf zakat, karena mereka adalah ibnu sabil," kata Noor.

Terkait mudik gratis kali ini, BAZNAS membantu konsumsi untuk sahur dan berbuka puasa para pemudik.

"Jadi, mereka ini tidak hanya gratis transportasinya tapi makan dan minumnya juga gratis yang disiapkan oleh BAZNAS," ujarnya.



Noor Achmad berharap, kerja sama serupa antara BAZNAS dan TNI AL dapat dilakukan pada tahun-tahun mendatang.

Selain mendukung mudik gratis dengan kapal perang TNI AL, BAZNAS juga memberikan pelayanan kepada pemudik di jalur darat dengan membuka Pos Siaga Mudik yang tersebar di 17 titik lokasi.

Antara lain di rest area tol 207A Palikanci, 379A Batang, dan 389B Kendal.

Kemudian di jalur arteri ada di Alun-alun Kramatwatu, Kabupaten Serang; Masjid Bani Ma'mun, Kabupaten Cirebon; Masjid Besar Limbangan, Kabupaten Garut; Kantor BAZNAS Kabupaten Brebes; dan Masjid Besar Al Istiqomah Wanareja, Kabupaten Cilacap.

Berbagai fasilitas dapat dinikmati di Pos Siaga Mudik BAZNAS seperti dapur air, takjil gratis, layanan tempat istirahat, charger ponsel, dan layanan kesehatan.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)