Bacaan Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah

Selasa, 21 Juli 2020 - 20:06 WIB
loading...
Bacaan Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah
Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam agar berpuasa mulai dari tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah. Foto/Ist
A A A
Salah satu bulan yang memiliki keistimewaan selain Ramadhan adalah bulan Dzulhijjah . Besok Rabu (22/7/2020)merupakan hari pertama (awal) bulan Dzulhijjah 1441 Hijriyah. Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam agar berpuasa mulai dari tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah.

Dalam Kitab al-Minhaj syarah Shahih Muslim beliau dengan sangat tegas menyatakan bahwa puasa tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah sangat disunnahkan. Imam an-Nawawi berkata: "Bahkan sangat disunnahkan untuk berpuasa di hari-hari ini. Karena puasa termasuk amalan yang paling utama". (An Nawawi, Syarah Sahih Muslim). ( )

Dari Hunaidah ibn Khalid, dari istri-istri Nabi SAW , mereka berkata, " Rasulullah biasa berpuasa sembilan hari di bulan Dzulhijjah , berpuasa di hari Asyura, berpuasa tiga hari di setiap bulannya, puasa Senin pertama dan juga hari Kamis di setiap bulannya". (HR. Abu Dawud, Ahmad, dan Nasa'i). Imam Ahmad dan Nasa'i menambahkan, "dan dua kamis". (An Nawawi, Al-Majmu', halaman. 387 jilid. 6)

Dari kesembilan hari itu ada puasa yang disebut dengan puasa Arafah yaitu puasa tanggal 9 Dzulhijjah . Ada juga puasa Tarwiyah yaitu puasa tanggal 8 Dzuhijjah. Puasa Arafah ini berdasarkan dalil dari Abi Qatadah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Puasa hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun, yaitu tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya. Puasa Asyura' menghapuskan dosa tahun sebelumnya". (HR. Jamaah kecuali Al-Bukhari dan Tirmizy). ( )

Lafaz Niat Puasa Sunnah 1-7 Dzulhijjah
نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Syahri Dzilhijjati Sunnatan Lillahi Ta'aala
(Saya Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala)

Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Zhulhijjah
نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shoumat Tarwiyata Sunnatan Lillaahi Ta'ala
(Saya Niat Puasa Sunnah Tarwiyah karena Allah Ta'ala)

Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Zhulhijjah
نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Soauma 'Arofata Sunnatan Lillaahi Ta'aala
(Saya Niat Puasa Sunnah Arafah karena Allah Ta'ala)

Untuk diketahui, puasa sunnah Arafah (9 Dzulhijjah) hanya diperuntukan bagi orang yang tidak melakukan wukuf (ibadah haji) di padang Arafah. ( Baca Juga: Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Juli 2020 dan Niatnya )

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1929 seconds (0.1#10.140)