1 Tahun Masjid Agung Melbourne: Penyebar Islam di Australia Ternyata Orang Makassar

Minggu, 14 Mei 2023 - 12:34 WIB
loading...
1 Tahun Masjid Agung Melbourne: Penyebar Islam di Australia Ternyata Orang Makassar
Masjid Agung Melbourne, Tarneit, Victoria, Australia. Foto/Ilusttrasi: the conversaion/Afif Rasyid
A A A
Kontak pertama umat Islam dengan Australia dimulai pada abad ke-18, ketika para nelayan Makassar melakukan perjalanan ke wilayah Kimberley dan Arnhem Land untuk mengumpulkan teripang.

Muslim mulai menetap di Australia sejak tahun 1860-an, sebagian besar bekerja sebagai penunggang unta dan mutiara. Masjid pertama di Australia selesai pada tahun 1882 di Maree, 600 kilometer sebelah utara Adelaide. Sejak itu, masjid telah dibangun di kota-kota besar dan pinggiran kota di seluruh Australia.



Laman The Conversation mencatat sejak tahun lalu Australia memiliki masjid agung. Masjid Agung Melbourne dan Pusat Islam Werribee dibuka pada tahun 2022. Pusat ibadan umat Islam ini menawarkan sejumlah fasilitas yang terhubung dengan komunitas multikultural Tarneit, 25 kilometer sebelah barat CBD Melbourne.

Perencanaan, penggalangan dana dan pembangunan oleh masyarakat merupakan pilar dari proses desain baru dan identitas masjid di Australia. Ruang salat dapat memuat 2.000 jamaah. Bangunan ini juga mencakup pusat olahraga, aula komunitas, dan pusat pengasuhan anak.

Dibangun dengan biaya A$8,5 juta, masyarakat menggalang dana untuk mewujudkan visi mereka selama sepuluh tahun. Komunitas ingin membuat pernyataan arsitektur besar yang akan memenuhi kebutuhan spiritual dan sosial komunitas Muslim Australia.

Nantinya kompleks tersebut akan menggabungkan perpustakaan, fasilitas olahraga, penitipan anak, ruang pendidikan, dan perhotelan.



Secara arsitektural, masjid menghormati tradisi kubah pusat di atas ruang salat, membawa cahaya ke ruang paling suci. Namun, kubahnya lebih kecil daripada masjid tradisional dan dipasang kembali ke dalam bangunan, sehingga tidak mendominasi pemandangan jalanan.

Hal ini memungkinkan bangunan untuk memainkan peran sosial di pinggiran kota di mana terdapat banyak kelompok agama dengan ukuran yang sama.

Masjid-masjid besar telah lama mengisi ruang perkotaan di kota-kota besar. Saat ini, realisasi masjid agung seperti yang ada di Melbourne mengubah gagasan “megah” ke tingkat interaksi sosial dan aspirasi masyarakat.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)