Arti Kata Yasin Menurut Ulama Ahli Tafsir

Jum'at, 19 Mei 2023 - 08:01 WIB
loading...
Arti Kata Yasin Menurut Ulama Ahli Tafsir
Bagi Anda yang sering membaca Surat Yasin ada baiknya mengetahui makna dan arti kata Yasin. Foto/ilustrasi
A A A
Arti kata Yasin (يٰسٓ) menurut ulama ahli tafsir menarik untuk dikaji. Kata ini sering kita dengar dan sangat populer di kalangan muslim Indonesia.

Bagi Anda yang sering membaca Yasin (سورة يٰسٓ) ada baiknya mengetahui makna dan arti kata Yasin itu yang menjadi nama surat ke-36 tersebut. Sekadar informasi, Surat Yasin termasuk dari golongan surat-surat Makkiyah. Terletak pada juz ke-22 dan 23 dalam mushaf Al-Qur'an terdiri 83 ayat, 733 kata dan 3.068 huruf.

Surat ini memiliki keutamaan, di antaranya: "Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR. At Thabrani dan Al-Baihaqi dari Abu Hurairah)

Lalu apa arti kata Yasin dalan Surat Yasin? Menurut ulama ahli tafsir seperti yang diriwayatkan dari Ibnu 'Abbas bahwa Yasin (يٰسٓ) bermakna "Yaa Insan" (wahai manusia) yaitu wahai Muhammad SAW.

Demikian pula pendapat Abu Hurairah, 'Ikrimah, adh-ahhak, Sufyan bin Uyainah dan Sa'id bin Jubair. Menurut mereka, Yasin berasal dari logat Habsyah.

Sedangkan Imam Malik meriwayatkan dari Zaid bin Aslam menyebutkan arti Yasin adalah kependekan dari nama-nama Allah. Ada juga yang berpendapat bahwa Yasin ringkasan dari kalimat "Ya Sayyidal Basyar" yakni Nabi Muhammad sendiri. Atau Yasin adalah salah satu nama dari Al-Qur'an.

Namun demikian, mayoritas ulama ahli tafsir menyerahkan arti Yasin kepada Allah, Zat Yang Maha Mengetahui. (lebih jelasnya lihat tafsir Surat Al-Baqarah ayat 1)

Dalam tafsir ringkas Kemenag dijelaskan, surat yang diawali dengan huruf-huruf Hijaiyah dimaksudkan sebagai peringatan untuk membangkitkan minat orang yang membacanya kepada hal-hal penting yang akan disebutkan dalam ayat-ayat sesudahnya.

Kata Yasin juga sering kita dengar dalam lantunan Sholawat Badar. Shalawat ini cukup populer di Indonesia karena dikarang oleh KH Ali Manshur, ulama kharismatik kelahiran Jember, Jawa Timur Tahun 1921. Yasin dalam lirik Sholawat Badar ini bermakna Nabi Muhammad SAW.

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

Sholaatullaah Salaamullaah 'Alaa Thaaha Rasuulillaah, Sholaatullaah Salaamullaah 'Alaa Yaa Siin Habiibillaah.

Artinya: "Semoga rahmat dan keselamatan Allah tercurah untuk Rasul utusan Allah. Rahmat dan keselamatan Allah, semoga tetap tercurah untuk Nabi "Yasin" kekasih Allah."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2040 seconds (0.1#10.140)