Cerita Embun, Perempuan 75 Tahun Tanpa Pendamping Berangkat ke Tanah Suci

Rabu, 24 Mei 2023 - 14:33 WIB
loading...
Cerita Embun, Perempuan 75 Tahun Tanpa Pendamping Berangkat ke Tanah Suci
Embun (kiri) mmenunggu 11 tahun untuk bisa berangkat haji tahun ini. Foto: SINDOnews/Sucipto
A A A
MADINAH - Tekadnya sudah bulat untuk pergi ke Tanah Suci, melaksanakan ibadah haji tahun ini. Meski tanpa pendamping, niatnya tidak kendur.

Dialah Embun, perempuan berusia 75 tahun, satu dari 390 jemaah haji kloter pertama yang tiba di Madinah. Dia bersyukur bisa berangkat tahun ini. "Saya berangkat sendiri tanpa pendamping," ucap perempuan kelahiran Agustus 1948 ini saat tiba di Hotel Sektor l ada Plaza Bdr Al Maqam, Rabu (24/5/2023).

Sambil memeluk erat tas yang dibawanya, Embun menuturkan mengapa dirinya berani berangkat haji meski tanpa pendamping. "Yang penting hati, bismillah. Semoga pulang juga selamat," ucap Embun.



Embun mengaku diantar anak dan menantunya ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. Selama perjalanan, perempuan yang tinggal Pondok Labu, Jakarta Selatan ini banyak mendapat bantuan. "Alhamdulillah semua pada peduli, di pesawat sampai ke sini" ujarnya.

Meski usianya hampir seabad, namun Embun masih kuat berjalan dan tidak menggunakan kursi roda. "Saya kalau pagi jalan 2.000 meter," katanya.

Embun mengaku harus menunggu selama 11 tahun untuk bisa berangkat haji. "Saya didaftarin sama anak untuk berangkat haji," ujarnya.

Hotel Sektor l ada Plaza Bdr Al Maqam, Embun akan menempati kamar 506 bersama jemaah haji lainnya.
(muh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)