35 Masjid di Jerman Jadi Korban Islamofobia

Kamis, 25 Mei 2023 - 11:14 WIB
loading...
35 Masjid di Jerman Jadi Korban Islamofobia
Mayoritas serangan dimotivasi oleh Islamofobia dan ekstremisme sayap kanan di negara itu. Foto/Ilustrasi: azernews
A A A
Islamofobia dan ekstremisme sayap kanan meningkat di Jerman . Kelompok Muslim-Turki DITIB melaporkan selama tahun lalu setidaknya 35 masjid diserang di Jerman. Mayoritas serangan dimotivasi oleh Islamofobia dan ekstremisme sayap kanan di negara itu.

Laman Azernews melaporkan Kamis 25 Mei 2023 melansir bahwa kantor anti-diskriminasi DITIB telah merilis laporan setebal 32 halaman yang menganalisis kejahatan kebencian, ancaman, dan serangan yang menargetkan masjid dan organisasi Islam di Jerman pada tahun 2022.

Menurut pakar DITIB, kekerasan anti-Muslim terkait erat dengan perkembangan sosial dan politik di Jerman, serta debat publik tentang imigran, Muslim, dan Islam.

“Polarisasi dan debat yang tidak objektif, peningkatan stigmatisasi (terutama demonisasi Muslim), mengarah pada peningkatan serangan yang menargetkan masjid,” tulis para ahli dalam laporan mereka.



Pada tahun 2022, setidaknya 35 masjid menjadi sasaran serangan, dengan 19 di antaranya dimotivasi oleh Islamofobia, dan delapan serangan lainnya dilakukan oleh ekstremis sayap kanan.

Dalam tujuh kasus, sentimen anti-Turki menjadi motivasi utama para tersangka, menurut laporan tersebut.

Ekstremis sayap kiri dan pengikut kelompok teror PKK berada di belakang beberapa serangan yang menargetkan masjid.

Dalam beberapa tahun terakhir, Jerman telah menyaksikan peningkatan rasisme dan Islamofobia, yang dipicu oleh propaganda kelompok dan partai sayap kanan yang mengeksploitasi krisis pengungsi dan berusaha menanamkan rasa takut pada imigran.

Jerman, dengan populasi lebih dari 84 juta orang, memiliki populasi Muslim terbesar kedua di Eropa Barat setelah Prancis. Ini adalah rumah bagi hampir lima juta Muslim, menurut angka resmi.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)