Sesak Napas saat Tiba di Madinah, Jemaah Haji Indonesia Asal Gresik Wafat

Minggu, 28 Mei 2023 - 13:33 WIB
loading...
Sesak Napas saat Tiba di Madinah, Jemaah Haji Indonesia Asal Gresik Wafat
Ketua Kadaker Bandara Haryanto bersama Sumarni, istri almarhum Achmad Suhadak yang wafat saat tiba di Madinah. Foto/MCH
A A A
JAKARTA - Kabar duka kembali datang dari rombongan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi. Seorang jemaah haji bernama Achmad Suhadak Riduwan, 53, meninggal dunia. Jemaah haji asal Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 9 Embarkasi Surabaya (SUB-09) ini mengembuskan nafas terakir beberapa saat setelah mendarat di Bandara Internasional Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah Sabtu (27/5/2023).

Ketua Kloter 9 Embarkasi Surabaya (SUB) Moh. Kholis F mengatakan, almarhum meninggal saat baru tiba di bandara. Menurur dia, selama perjalanan dari Surabaya hingga Madinah tidak ada tanda-tanda kalau almarhum sakit. "Almarhum meninggal karena sakit jantung," katanya.

Menurut Kholis, rencananya almarhum di makamkan di pemakaman Baqi. Saat ini pihaknyan tengah menunggu keluarnya surat Certificate of Death (COD) yang rencananya keluar nanti sore.

"Iya, satu jemaah haji meninggal dunia atas nama Achmad Suhadak,53, tahun. Saat ini jenazah ada di rumah sakit Madinah," ujar Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Haryanto.

Menurut Haryanto, almarhum sempat mendapatkan penanganan medis oleh petugas di Bandara AMAA sesaat setelah pesawat Saudia Airlines nomor penerbangan SV 5045 yang ditumpanginya mendarat di Madinah.

"Sempat dilarikan ke rumah sakit di Madinah untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih intensif. Suhadak dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit," ucapnya.



Sumarni, istri Suhadak menuturkan, suaminya dalam kondisi sehat saat hendak berangkat ke Tanah Suci. Hasil pemeriksaan kesehatan sebelum pemberangkatan haji juga tidak menunjukkan gejala sakit. Bahkan hingga turun dari pesawat, almarhum masih ikut membantu menurunkan koper kecil miliknya dan beberapa jemaah lainnya.

"Malah saya yang sempat kurang enak badan, semuanya dibantu sama bapak sampai turun dari pesawat. Bapak bawa koper dua sama punya saya," ujar Sumarni.

Namun, usai melewati proses di imigrasi, Suhadak mendadak mengeluh sesak napas hingga harus mendapatkan penanganan medis di klinik bandara. Karena kondisinya semakin memburuk Suhadak kemudian dirujuk ke rumah sakit hingga akhirnya meninggal dunia. "Keluarga sudah saya kabari. Insyaallah sudah ikhlas semua," ucap warga Kartini, Gresik, Jawa Timur ini.

Sampai saat ini, tercatat sudah dua jemaah haji Indonesia yang meninggal di Tanah Suci.
(muh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)