Pekan Ini 1.899 Jemaah Haji Ambil Miqat di Bir Ali

Minggu, 28 Mei 2023 - 21:56 WIB
loading...
Pekan Ini 1.899 Jemaah Haji Ambil Miqat di Bir Ali
Sebanyak lima kloter atau 1.899 jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan ke Miqat Bir Ali pada 1 Juni 2023. Di Bir Ali jemaah akan mengambil miqat. Foto/Sucipto
A A A
MADINAH - Sebanyak lima kloter atau 1.899 jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan ke Miqat Bir Ali pada 1 Juni 2023. Di Bir Ali jemaah akan mengambil miqat atau niat umrah wajib sebelum melanjutkan perjalanan menuju Mekkah.

Hal itu disampaikan Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin saat meninjau langsung kesiapan Bir Ali jelang pelaksanaan ibadah haji 1444 H/2023 M.

"Alhamdulillah, untuk persiapan keberangkatan jemaah haji dari Madinah ke Mekkah sudah siap. Seluruh petugas di Bir Ali atau Dzulhulaifah telah standby menerima jemaah dari Madinah," ujarnya, Minggu (28/5/2023).

Pemberangkatan jemaah haji ke Bir Ali dibagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dilakukan pada pukul 14.00 Waktu Arab Saudi (WAS) sebanyak tiga kloter. Sedangkan, gelombang kedua pemberangkatan dijadwalkan pada pukul 16.00 WAS sebanyak dua kloter.

"Jadi tanggal 1 jemaah akan berangkat dari Madinah pukul 14.00 sebanyak tiga kloter, selanjutnya pukul 16.00 dua kloter dari Madinah ke Bir Ali," ucapnya.

Menurut Zaenal, pihaknya juga akan menempatkan sejumlah petugas di sejumlah titik di Bir Ali untuk memantau pergerakan jemaah haji. Dia menyebut, ada 5 pos yang akan disiapkan di Bir Ali. Di antaranya mulai dari pos masuk hingga pos pemberangkatan bus menuju Mekkah.

"Kami telah siap secara keseluruhan untuk proses kedatangan jemaah dari Madinah dan pemberangkatan ke Mekkah. 1.899 jemaah seluruhnya dari JKG 1, SOC 1, BTJ 1, UPG 1 BTH 1 sudah kita konfirmasi terkait proses pemberangkatannya baik terkait jadwal bisnya dan hotel yang akan ditempati jemaah di Mekkah," katanya.

Selain menerima kedatangan jemaah dari Madinah, kata Zaenal, tugas utama petugas di Bir Ali juga mengingatkan jemaah untuk melakukan ihram atau melaksanakan niat umrahnya. "Jadi mengingatkan mereka jangan sampai ada larangan larangan ihram yang masih dipakai jemaah," paparnya.

Termasuk mengingatkan dan mengarahkan jemaah dan ketua rombongan agar mengetahui posisi parkir bus dan di mana pintu masuk ke Bir Ali untuk jemaah laki-laki dan perempuan.

"Mengingatkan jemaah di mana pintu masuk akan melakukan miqat yakni, pintu 1-5 untuk jemaah laki-laki dan pintu 6-7 untuk jemaah perempuan. Petugas stanby mengawasi jemaah jangan sampai ada yang tertinggal atau terpisah dari rombongannya," paparnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3522 seconds (0.1#10.140)