Agar Tak Jatuh saat Naik Eskalator Masjid Nabawi, Jemaah Haji Diimbau Jaga Pakaian

Rabu, 31 Mei 2023 - 20:52 WIB
loading...
Agar Tak Jatuh saat Naik Eskalator Masjid Nabawi, Jemaah Haji Diimbau Jaga Pakaian
Jemaah haji berusia 80 tahun bernama Jahiri Bin Salam yang sedang dirawat di rumah sakit akibat terjatuh dari eskalator Masjid Nabawi. Foto/MCH
A A A
JAKARTA - Jemaah haji khususnya lanjut usia (lansia) diimbau memperhatikan pakaian yang dikenakan. Hal itu penting guna mencegah jemaah terjatuh karena pakaiannya terselip di eskalator.

Hal itu disampaikan anggota Pelaksana Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (PKP3JH) Titin Nurmaningsih merespons kejadian jemaah lansia yang terjatuh dieskalator Masjid Nabawi.

Jemaah lansia yang diketahui bernama Jahiri Bin Salam berusia 80 tahun ini berasal dari embarkasi Jakarta (JKG). Dalam kejadian itu, jemaah mendapat luka cukup serius di bagian wajah.

"Korban merupakan jamaah lansia asal embarkasi Jakarta berusia 80 tahun ditemukan dalam kondisi mata bengkak dan lebam yaitu luka baret (laserasi) di wajah sebelah kiri dengan keadaan baju robek di bahu dan sarung terkoyak. Jahiri jatuh karena sarungnya terlilit," katanya, Rabu (31/5/2023).

Titin menjelaskan, PKP3JH langsung memberikan pertolongan medis pertama dengan cara menghentikan pendarahan, dan mendampingi korban ke fasilitas kesehatan petugas medis setempat.

"Kondisi terkini pasien yang jatuh daei eskalator kini diperbolahkan pulang dan dianjurkan untuk rawat jalan guna mengontrol perkembangan luka dan dilakukan rongent bila diperlukan," ucapnya.

Titin berpesan kepada jemaah untuk menjaga dengan baik pakaiannya agar tidak terurai karena berisiko terselip dan menarik tubuh hingga terjatuh lalu terluka.

"Seyogyanya pakaian jemaah diawasi betul-betul agar tidak nyangkut di eskalator. Misal sarung tidak menjuntai, kain ihram juga nanti, begitu pula pakaian muslimah," ucapnya.

Titin memberikan tips agar jemaah tak terjatuh saat menggunakan eskalator

1. Perhatikan tanda dan petunjuk yang ada pada eskalator
2. Berdirilah pada posisi yang tepat atau berada di tengah anak tangga
3. Jangan lupa manfaatkan pegangan yang tersedia
4. Perhatikan pakaian terutama yang sedang menggunakan ihram
5. Jaga keseimbangan tubuh saat eskalator
6. Jaga jarak aman dengan orang lain
7. Waspada sepatu dan sandal saat hendak naik eskalator
8. Tetap tenang saat naik eskalator
(muh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2782 seconds (0.1#10.140)