10 Keutamaan Sholat 5 Waktu, Menghapus Dosa-dosa Kecil Hingga Diganjar Surga

Minggu, 04 Juni 2023 - 18:26 WIB
loading...
10 Keutamaan Sholat 5 Waktu, Menghapus Dosa-dosa Kecil Hingga Diganjar Surga
Sungguh beruntung mereka yang melaksanakan sholat fardhu 5 waktu apalagi dikerjakan secara berjamaah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Keutamaan sholat 5 waktu penting diketahui umat muslim agar termotivasi dan semakin bersemangat beramal saleh. Di antaranya dihapus dosa-dosa kecil hingga diganjar surga oleh Allah Ta'ala.

Sholat fardhu 5 waktu merupakan tiang agama yang tidk boleh ditinggalkan umat muslim. Ibadah ini salah satu dari 5 rukun Islam. Sungguh beruntung mereka yang melaksanakan sholat 5 waktu apalagi dikerjakan secara berjamaah.

Hukum Sholat Berjamaah
Hukum sholat berjamaah di masjid terdapat perbedaan pendapat para ulama. Semua ulama sepakat bahwa sholat fardhu 5 waktu hukumnya wajib bagi setiap muslim (fardhu ain).

Adapun hukum sholat berjamaah di masjid terjadi khilaf (perbedaan pendapat). Ulama yang berpendapat sholat berjamaah hukumnya fardhu 'ain adalah Imam Ahmad bin Hambal (Mazhab Hambali). Sedangkan, ulama Mazhab Syafi'i berpendapat hukumnya fardhu kifayah.

Berikut 10 keutamaan sholat 5 waktu sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Hadis Nabi:

1. Amal Paling Dicintai Allah
Sholat menjadi salah satu amal yang paling utama dan dicintai Allah. Dari Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah SAW bersadda:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ قَالَ « الصَّلاَةُ لِوَقْتِهَا ». قَالَ قُلْتُ ثُمَّ أَىٌّ قَالَ « بِرُّ الْوَالِدَيْنِ ». قَالَ قُلْتُ ثُمَّ أَىٌّ قَال: الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ

Dari Abdullah bin Mas'ud, ia berkata, "Aku pernah bertanya pada Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam, amalan apakah yang paling afdhol (utama)?" Jawab beliau, "Sholat pada waktunya." Lalu aku bertanya lagi, "Terus apa?" "Berbakti pada orang tua," jawab Nabi shollallahu 'alaihi wasallam. "Lalu apa lagi," aku bertanya kembali. “Jihad di jalan Allah," jawab beliau. (HR Al-Bukhari 7534 dan Muslim 85)

2. Amalan Pencuci Dosa
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهَرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ ، يَغْتَسِلُ فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا ، مَا تَقُولُ ذَلِكَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ . قَالُوا لاَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ شَيْئًا . قَالَ « فَذَلِكَ مِثْلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ ، يَمْحُو اللَّهُ بِهَا الْخَطَايَا

"Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?" Para sahabat menjawab, "Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya." Beliau berkata, "Maka begitulah perumpamaan salat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa." (HR Al-Bukhari 528 dan Muslim 667)

3. Diganjar Surga
Dari Abu Musa radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Artinya: "Barangsiapa yang mengerjakan sholat Bardain (yaitu sholat Subuh dan Ashar) maka dia akan masuk Surga." (HR Al-Bukhari 574 dan Muslim 635)

4. Menghapus Dosa Selama Dosa Besar Dijauhi
Rasulullah SAW juga bersabda: "Di antara shalat yang lima waktu, di antara Jumat yang satu dan Jumat lainnya, di antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar." (HR Muslim 233)

5. Wasilah Memohon Pertolongan Allah
Sholat menjadi wasilah untuk meminta pertolongan Allah sebagaimana firman-Nya berikut:

وَاسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ‌ؕ وَاِنَّهَا لَكَبِيۡرَةٌ اِلَّا عَلَى الۡخٰشِعِيۡنَۙ

Artinya: "Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." (QS Al-Baqarah ayat 45)

6. Mendapatkan Pahala di Sisi Allah

وَاَقِيۡمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّکٰوةَ  ‌ؕ وَمَا تُقَدِّمُوۡا لِاَنۡفُسِكُمۡ مِّنۡ خَيۡرٍ تَجِدُوۡهُ عِنۡدَ اللّٰهِ ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ بَصِيۡرٌ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)