Kisah Qadi Ini Mirip Abu Nawas: Kalahkan Lelaki yang Ganggu Tetangganya

Selasa, 06 Juni 2023 - 17:00 WIB
loading...
Kisah Qadi Ini Mirip Abu Nawas: Kalahkan Lelaki yang Ganggu Tetangganya
Mirip kisah Abu Nawas. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Kisah berikut ini mirip kisah Abu Nawas . Seorang Qadi atau hakim menangani kasus yangjenaka dan tak masuk akal namun dia sukses memberi keadilan . Berikut kisahnya:

Dahulu kala hiduplah seorang miskin bernama Ali. Dia bekerja keras untuk mencari nafkah dan puas dengan apa pun yang dia miliki. Ali punya tetangga bernama Kasim. Tetangga ini kaya namun pelit. Ia tidak pernah senang melihat orang lain, bahagia. Dia selalu mencari-cari alasan untuk membuat Ali mendapat masalah.

Suatu hari, Kasim mengadakan pesta di rumahnya. Aroma semua makanan lezat yang dimasak di rumahnya tertiup angin dan menyebar ke seluruh lingkungan. Kasim, tentu saja tak pernah mau mengajak Ali yang malang itu. Sebaliknya, dia mengintip dari balkonnya ke halaman Ali.

Ia terheran-heran tatkala melihat lelaki Ali duduk dan menikmati aroma lezat yang berasal dari dapurnya. Jantung Kasim hampir berhenti berdetak karena kaget.



"Apa!" pikirnya, “Beraninya orang miskin itu menghirup aroma dari dapurku? Dapurku! Aroma dari makanan yang dimasak dengan uangku! Bajingan! Aku akan membuatnya membayar untuk ini! Saya akan membawanya ke Qadi dan menuntut keadilan!”

Kasim melabrak ke rumah Ali dengan marah. Tanpa banyak salam, dia berteriak kepada tetangganya.

“Kamu perampok, kamu pencuri! Beraninya kau mencuri dari rumahku!”

Ali yang malang tidak dapat memahami pencurian apa yang dituduhkan kepadanya. Tanpa memberinya pencerahan, Kasim menyeret pria malang itu ke Qadi. Kata menyebar seperti api dan kerumunan besar berkumpul untuk menonton peristiwa ini.

Kasim berdiri di depan Qadi dan menyampaikan kasusnya dengan suara lantang dan sombong.

“Yang Mulia, pria ini berani duduk di halaman belakang rumahnya dan dengan gratis, menikmati aroma lezat makanan yang berasal dari dapur saya. Saya menuntut pembayaran untuk kesenangan yang dia nikmati atas biaya saya. Yang Mulia, Anda selalu adil dan saya yakin Anda akan memberikan keadilan dalam kasus ini juga.”



Memang Qadi adalah orang yang adil - sama terhormat dan jenakanya dengan dia. Dia mendengarkan dengan tenang - keterkejutan di wajahnya perlahan digantikan oleh binar di matanya. Kini dia menoleh ke Ali.

“Apakah yang dikatakan pria ini benar? Apakah Anda menikmati dengan gratis?

"Ya, Yang Mulia, tapi saya tidak bisa menahannya."

“Ali, kamu harus membayar Kasim untuk kebaikan yang dinikmati. Pengadilan memerintahkan Anda berdua untuk datang ke sini besok pada waktu yang sama. Demi Tuhan, keadilan akan ditegakkan!”

Kasim menatap Ali dengan pandangan mencemooh dan berjalan keluar dari tempat itu dengan senyum kemenangan di bibirnya. Ali yang malang bingung. Saat dia akan pergi, Qadi memanggilnya ke sudut dan membisikkan sesuatu di telinganya. Wajah Ali berseri-seri dan dia bergegas ke rumahnya.

Hari berikutnya, pengadilan dipenuhi orang. Seluruh kota, yang tahu tentang karakter Kasim yang rendah dan sifat polos Ali, ingin tahu bagaimana Qadi akan menyelesaikan masalah ini. Kasim dan Ali dibawa ke hadapan Qadi.

Ali membawa sebuah kotak besar bersamanya. Wajah Kasim bersinar dengan antisipasi saat dia mengenali kotak uang Ali.

"Semua uang saya, Yang Mulia," jawab Ali.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)