Pesona Masjid Terapung Nurul Yaqin Palu Karya Dave Orlando dan Fandy Gunawan

Minggu, 11 Juni 2023 - 07:42 WIB
loading...
Pesona Masjid Terapung Nurul Yaqin Palu Karya Dave Orlando dan Fandy Gunawan
Masjid Nurul Yakin Palu. (Foto-foto Design Boom/Daniel Dian Kristanto)
A A A
Duo kreatif asal Jakarta Dave Orlando dan Fandy Gunawan membangun kembali Islamic Center Masjid Nurul Yaqin di Palu, dengan bentuk terapung minimalis.

Menurut laman Design Boom, proyek restoratif ruang spiritual terutama menggunakan material beton dan bata, serta teraso biru untuk lantai. Arsitekturnya menampilkan ornamen Islami yang sederhana dan minimalis dengan laser-cutting 99 nama Allah ke dalam ventilasi udara stainless steel yang mengelilingi area atas bangunan.

Aula salat ditopang oleh 30 pilar dengan kubah hias di langit-langit, saat jamaah menghadap mihrab berbentuk celah. Bahan teraso memberikan tekstur riak alami, yang secara simbolis menyerupai doa yang abadi dan tak terbatas kepada Tuhan.

Masjid, yang terdiri dari dua bangunan berbeda, terintegrasi secara harmonis dengan lingkungannya yang tenang.



Ruang salat, dengan pintu masuk terpisah untuk imam dan jemaah pria dan wanita, berdiri sendiri-sendiri, sementara ruang utilitas ditempatkan di bangunan yang berdekatan.
Pesona Masjid Terapung Nurul Yaqin Palu Karya Dave Orlando dan Fandy Gunawan

Dibangun terutama dengan beton dan batu bata, masjid ini memancarkan kesederhanaan, dilengkapi dengan lantai terrazzo biru halus.

Arsitek Dave Orlando dan Fandy Gunawan memadukan struktur dengan lingkungan sekitar masjid dengan air dan menciptakan ilusi mengambang.

Di dalam ruang salat, 30 pilar menopang langit-langit kubah hias, tanpa jendela atau kaca, karena desainnya menekankan ventilasi alami dan perawatan minimal.

Mihrab berbentuk celah memandikan aula dengan cahaya alami yang lembut, membimbing jamaah menuju Makkah.

Lantai teraso yang halus menyatu mulus dengan pemandangan laut, melambangkan doa yang abadi dan tak terbatas.

Masjid yang mirip tempat perlindungan ini mengundang perenungan, menawarkan pelipur lara dan ketenangan yang sangat terhubung dengan alam sekitarnya, mewujudkan upaya arsitek untuk perdamaian dan hubungan spiritual. (Design Boom)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)