Alhamdulillah, Seluruh Kloter Jemaah Haji Gelombang 1 Dapat Tasreh Raudhah

Rabu, 14 Juni 2023 - 02:20 WIB
loading...
Alhamdulillah, Seluruh Kloter Jemaah Haji Gelombang 1 Dapat Tasreh Raudhah
Seluruh jemaah haji gelombang pertama yang tiba di Madinah dipastikan telah mendapatkan tasrih atau surat izin masuk Raudhah di Masjid Nabawi. Foto/SINDOnews/Sucipto
A A A
MADINAH - Seluruh jemaah haji gelombang pertama yang tiba di Madinah dipastikan telah mendapatkan tasrih atau surat izin masuk Raudhah di Masjid Nabawi . Mereka merupakan jemaah haji dari 263 kelompok terbang (kloter).

Hal itu disampaikan Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Zaenal Muttaqin saat menemui jemaah haji kloter terakhir masuk Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, Selasa (13/6/2023).

"Alhamdulillah seluruh kloter yang telah tiba di Madinah gelombang pertama sebanyak 263 kloter telah mendapatkan tasrih. Hari ini ada 18 kloter. Terakhir yakni embarkasi Balikpapan 9 (BPN 9) nanti yang akan masuk ke Raudhah," kata Zaenal.

Pemerintah Indonesia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang sudah memfasilitasi jemaah haji Indonesia untuk bisa ziarah ke Raudhah dan makam Rasulullah SAW.

"Harapan para jemaah ketika di Madinah adalah bisa masuk ke Raudhah dan bisa ziarah ke makam Rasulullah," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Zaenal juga berterima kasih kepada seluruh petugas PPIH Arab Saudi Daker Madinah terutama kepada layanan bimbingan ibadah (bimbad) yang sudah menginput seluruh jemaah haji Indonesia ke e-hajj agar bisa mendapatkan tasrih. Termasuk juga petugas di Sektor Khusus (Seksus) Nabawi.

"Terima kasih kepada petugas sektor khusus yang berjuang siang malam di bawah terik matahari untuk bisa membimbing dan mengarahkan jemaah haji bisa masuk Raudhah dengan tertib," ucapnya.

Jemaah dengan sabar dituntun dan dibimbing oleh Petugas Seksus mulai lansia maupun jemaah lainnya yang memiliki kebutuhan khusus.

Baca: Jelang Puncak Haji, Layanan Bus Shalawat Stop Sementara 6-13 Zulhijjah

"Mereka didorong bersama-sama dan jemaah dikelompokkan sesuai dengan kloter dan rombongan masing-masing. Ini merupakan kerja sama yang sangat baik," ucapnya.

Saat menemui para jemaah yang akan ke Raudhah, Zaenal menitipkan doa kepada jemaah agar pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar dan para petugas bisa menjalankan tugasnya dengan lancar.

"Minta didoakan, semoga seluruh petugas haji selalu sehat dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Juga kepada seluruh jemaah haji, didoakan agar selalu sehat dan lancar menjalankan ibadahnya," ucapnya.

Saat berdialog Zaenal juga memberikan edukasi mengenai tata cara berdoa di raudhah. Menurut Zaenal, ada lima urutan doa yang dipanjatkan saat berada di Taman Surga, Raudhah.

Pertama, meminta ampunan dosa kepada Allah SWT. Kedua, memohon agar diberikan istiqamah dalam menjalankan ajaran agama, menebarkan kebaikan, dan membawa manfaat bagi sesama.

Ketiga, memohon agar saat meninggak dunia, diberikan husnul khotimah. Keempat meminta kepada Allah agar masuk surga.

Kelima, berdoa untuk hal-hal yang bersifat duniawi seperti diberikan rezeki yang berlimpah, diberi kesehatan, keluarga sakinah dan anak salih salihah, dan permintaan lainnya.

Mendapat permintaan tersebut, jemaah haji secara serentak langsung mengamini. "Aamiin, Insya Allah kami doakan Pak," kata Ahmad, jemaah haji dari Sukabumi yang tergabung dari JKS 38.

(hab)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2810 seconds (0.1#10.140)