Berapa Jumlah Rakaat dalam Salat Sunah Rawatib? Begini Penjelasannya
loading...
A
A
A
Salat rawatib adalah salat sunah yang dikerjakan sebelum (qobliyah) dan sesudah (ba'diyah) salat fardhu (wajib). Ada perbedaan penafsiran dari ulama mengenai total jumlah rakaatnya.
Ada yang menyebut seluruh salat rawatib adalah berjumlah 10 rakaat atau 12 rakaat. Bahkan ada ulama yang berpendapat 22 rakaat. Perbedaan jumlah rakaat ini tidak mempengaruhi pahala salat rawatib sebagai ibadah at-tathowwu’ (ibadah tambahan).
Rincian salat rawatib menurut buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap karya Moh. Rifai, adalah sebagai berikut :
- 2 rakaat sebelum salat subuh (sesudah salat subuh tidak ada sunnah setelah subuh.
- 2 atau 4 rakaat sebelum Zuhur. Dan 2 rakaat setelah suhur.
- 2 rakaat atau 4 rakaat sebelum salat Ashar (setelah salat Ashar tidak ada sholat sunah)
- 2 rakaat sesudah salat Maghrib
- 2 rakaat sebelum salat Isya' (atau tidak salat sebelum Isya')
- 2 rakaat sesudah salat Isya.
Namun dalam buku karya Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyah berjudul Zad Al Ma'ad bab Hadyu An-Nabi fi Ash-Sholah, salat Sunnah rawatib berkisar 10 atau 12 rakaat. Dijelaskan bahwa Rasulullah selalu menjaga salat sunah yang sepuluh rakaat ketika beliau tidak bepergian. Rasulullah termasuk yang menggemarkan salat rawatib
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab dari seorang hamba adalah shalatnya. Apabila bagus maka ia telah beruntung dan sukses, dan bila rusak maka ia telah rugi dan menyesal. Apabila kurang sedikit dari shalat wajibnya maka Rabb ku berfirman: “Lihatlah, apakah hamba-Ku itu memiliki salat tathawwu’ (salat sunnah)?” Lalu shalat wajibnya yang kurang tersebut disempurnakan dengannya, kemudian seluruh amalannya diberlakukan demikian." (HR at-Tirmidzi)
Ibnu Umar mengatakan, "Aku selalu menjaga salat sunnah sepuluh rakaat dari Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa Sallam. Yakni dua rakaat sebelum dan sesudah sholat zuhur, dua rakaat setelah sholat Maghrib, dua rakaat setelah salat Isya , dan 2 rakaat sebelum subuh. (HR. Bukhar).
Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa rawatib Maghrib dan Isya dilakukan Rasulullah di rumah.
Mengingat pentingnya ibadah rawatib ini, serta dikerjakannya secara berulang-ulang sebagaimana salat fardhu, maka umat Islam dianjurkan untuk melaksanakannya.
Di antara hadis yang menunjukkan keutamaan shalat sunah Rawâtib secara umum, ialah hadits Ummu Habîbah, yang berbunyi :
Tidaklah seorang muslim shalat karena Allah setiap hari dua belas raka’at shalat sunnah, bukan wajib, kecuali akan Allah membangun untuknya sebuah rumah di surga. (HR. Muslim).
Penjelasan hadis di atas bahwa Ummu Habibah radiyallahu ‘anha telah meriwayatkan sebuah hadits tentang keutamaan shalat sunnah rawatib, dia berkata: saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa yang shalat dua belas rakaat pada siang dan malam, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga“. Ummu Habibah berkata: saya tidak pernah meninggalkan shalat sunnah rawatib semenjak mendengar hadis tersebut.
Banyak sahabat yang tidak pernah meninggalkannya setelah mendengar hadits tersebut.
Aisyah radhiyallahu ‘anha telah meriwayatkan sebuah hadits tentang shalat sunnah rawatib sebelum (qobliyah) shubuh, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Dua rakaat sebelum shubuh lebih baik dari dunia dan seisinya. Dalam riwayat yang lain, Dua raka’at sebelum shubuh lebih aku cintai daripada dunia seisinya” (HR. Muslim)
Adapun shalat sunnah sebelum shubuh ini merupakan yang paling utama di antara shalat sunnah rawatib dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya baik ketika mukim (tidak berpegian) maupun dalam keadaan safar.
Ummu Habibah radhiyallahu anha telah meriwayatkan tentang keutamaan rawatib dzuhur, dia berkata: saya mendengar rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menjaga (shalat) empat rakaat sebelum dzuhur dan empat rakaat sesudahnya, Allah haramkan baginya api neraka“. (HR. Ahmad, Abu Dawud, At-Tarmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah)
Hadits Ummu Habibah di atas menjelaskan bahwa jumlah shalat sunnah rawatib ada 12 rakaat dan penjelasan hadits 12 rakaat ini diriwayatkan oleh At-Tarmidzi dan An-Nasa’i, dari ‘Aisyah radiyallahu ‘anha, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa yang tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat pada shalat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga, (yaitu): empat rakaat sebelum dzuhur, dan dua rakaat sesudahnya, dan dua rakaat sesudah maghrib, dan dua rakaat sesudah ‘isya, dan dua rakaat sebelum subuh“. (HR. At-Tarmidzi, dan An-Nasa’i)
Perbedaan jumlah rakaat dalam periwayatan yang berbeda ini tidak mengurangi sedikit pun keutamaan sholat rawatib. Bahkan, perbedaan itu saling melengkapi.
Tentang surat yang dibaca pada sholat Rawatib Qobliyah Subuh :
Dari Abu Hurairahradiyallahu ‘anhu, Bahwasanya Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallampada shalat sunnah sebelum subuh membaca surat Al Kaafirundan surat Al Ikhlas.” (HR. Muslim)
Wallahu A'lam
Ada yang menyebut seluruh salat rawatib adalah berjumlah 10 rakaat atau 12 rakaat. Bahkan ada ulama yang berpendapat 22 rakaat. Perbedaan jumlah rakaat ini tidak mempengaruhi pahala salat rawatib sebagai ibadah at-tathowwu’ (ibadah tambahan).
Rincian salat rawatib menurut buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap karya Moh. Rifai, adalah sebagai berikut :
- 2 rakaat sebelum salat subuh (sesudah salat subuh tidak ada sunnah setelah subuh.
- 2 atau 4 rakaat sebelum Zuhur. Dan 2 rakaat setelah suhur.
- 2 rakaat atau 4 rakaat sebelum salat Ashar (setelah salat Ashar tidak ada sholat sunah)
- 2 rakaat sesudah salat Maghrib
- 2 rakaat sebelum salat Isya' (atau tidak salat sebelum Isya')
- 2 rakaat sesudah salat Isya.
Namun dalam buku karya Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyah berjudul Zad Al Ma'ad bab Hadyu An-Nabi fi Ash-Sholah, salat Sunnah rawatib berkisar 10 atau 12 rakaat. Dijelaskan bahwa Rasulullah selalu menjaga salat sunah yang sepuluh rakaat ketika beliau tidak bepergian. Rasulullah termasuk yang menggemarkan salat rawatib
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab dari seorang hamba adalah shalatnya. Apabila bagus maka ia telah beruntung dan sukses, dan bila rusak maka ia telah rugi dan menyesal. Apabila kurang sedikit dari shalat wajibnya maka Rabb ku berfirman: “Lihatlah, apakah hamba-Ku itu memiliki salat tathawwu’ (salat sunnah)?” Lalu shalat wajibnya yang kurang tersebut disempurnakan dengannya, kemudian seluruh amalannya diberlakukan demikian." (HR at-Tirmidzi)
Ibnu Umar mengatakan, "Aku selalu menjaga salat sunnah sepuluh rakaat dari Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa Sallam. Yakni dua rakaat sebelum dan sesudah sholat zuhur, dua rakaat setelah sholat Maghrib, dua rakaat setelah salat Isya , dan 2 rakaat sebelum subuh. (HR. Bukhar).
Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa rawatib Maghrib dan Isya dilakukan Rasulullah di rumah.
Mengingat pentingnya ibadah rawatib ini, serta dikerjakannya secara berulang-ulang sebagaimana salat fardhu, maka umat Islam dianjurkan untuk melaksanakannya.
Di antara hadis yang menunjukkan keutamaan shalat sunah Rawâtib secara umum, ialah hadits Ummu Habîbah, yang berbunyi :
مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّي لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلَّا بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ
Tidaklah seorang muslim shalat karena Allah setiap hari dua belas raka’at shalat sunnah, bukan wajib, kecuali akan Allah membangun untuknya sebuah rumah di surga. (HR. Muslim).
Penjelasan hadis di atas bahwa Ummu Habibah radiyallahu ‘anha telah meriwayatkan sebuah hadits tentang keutamaan shalat sunnah rawatib, dia berkata: saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa yang shalat dua belas rakaat pada siang dan malam, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga“. Ummu Habibah berkata: saya tidak pernah meninggalkan shalat sunnah rawatib semenjak mendengar hadis tersebut.
Banyak sahabat yang tidak pernah meninggalkannya setelah mendengar hadits tersebut.
Aisyah radhiyallahu ‘anha telah meriwayatkan sebuah hadits tentang shalat sunnah rawatib sebelum (qobliyah) shubuh, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Dua rakaat sebelum shubuh lebih baik dari dunia dan seisinya. Dalam riwayat yang lain, Dua raka’at sebelum shubuh lebih aku cintai daripada dunia seisinya” (HR. Muslim)
Adapun shalat sunnah sebelum shubuh ini merupakan yang paling utama di antara shalat sunnah rawatib dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya baik ketika mukim (tidak berpegian) maupun dalam keadaan safar.
Ummu Habibah radhiyallahu anha telah meriwayatkan tentang keutamaan rawatib dzuhur, dia berkata: saya mendengar rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menjaga (shalat) empat rakaat sebelum dzuhur dan empat rakaat sesudahnya, Allah haramkan baginya api neraka“. (HR. Ahmad, Abu Dawud, At-Tarmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah)
Hadits Ummu Habibah di atas menjelaskan bahwa jumlah shalat sunnah rawatib ada 12 rakaat dan penjelasan hadits 12 rakaat ini diriwayatkan oleh At-Tarmidzi dan An-Nasa’i, dari ‘Aisyah radiyallahu ‘anha, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa yang tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat pada shalat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga, (yaitu): empat rakaat sebelum dzuhur, dan dua rakaat sesudahnya, dan dua rakaat sesudah maghrib, dan dua rakaat sesudah ‘isya, dan dua rakaat sebelum subuh“. (HR. At-Tarmidzi, dan An-Nasa’i)
Perbedaan jumlah rakaat dalam periwayatan yang berbeda ini tidak mengurangi sedikit pun keutamaan sholat rawatib. Bahkan, perbedaan itu saling melengkapi.
Tentang surat yang dibaca pada sholat Rawatib Qobliyah Subuh :
Dari Abu Hurairahradiyallahu ‘anhu, Bahwasanya Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallampada shalat sunnah sebelum subuh membaca surat Al Kaafirundan surat Al Ikhlas.” (HR. Muslim)
Wallahu A'lam
(wid)