Surat Al-Kautsar Lengkap Arab Latin, Terjemahan dan Keutamaan

Rabu, 21 Juni 2023 - 19:06 WIB
loading...
Surat Al-Kautsar Lengkap Arab Latin, Terjemahan dan Keutamaan
Surat Al-Kautsar merupakan salah satu surat penghibur hati Nabi Muhammad SAW. Foto ilustrasi/dok Channel Fatamedia
A A A
Surat Al-Kautsar lengkap Arab latin dan sangat baik dibaca setiap hari mengingat keutamaannya yang besar. Meski termasuk surat pendek, Surat Al-Kaustar dikenal sebagai penghibur hati Nabi Muhammad SAW.

Surat Al-Kautsar terdiri atas 3 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah diturunkan sesudah Surat-Al 'Aadiyaat. Dinamai Al-Kautsar (nikmat yang banyak) diambil dari perkataan Al Kautsar yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Surat ini juga menjadi dalil untuk melaksanakan ibadah kurban di Hari Raya Idul Adha.

Keutamaan
Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik terkait Asbabun Nuzul Surat Al-Kautsar. Bahwa Rasulullah SAW menundukkan kepalanya sejenak lalu beliau mengangkat kepalanya seraya tersenyum. Para sahabat bertanya, "Mengapa engkau tersenyum ya Rasulullah?" Maka Rasulullah menjawab, "Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku suatu surat." Lalu beliau membaca Surat Al-Kautsar. "Tahukah kalian apakah Al-Kautsar itu?"

Mereka menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Rasulullah bersabda: "Al-Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari Kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku." Maka dikatakan, "Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu"." (HR Ahmad)

Berikut Surat Al-Kautsar Lengkap Arab Latin, Terjemahan

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ

Innaa a'thaina kal-kautsar.
1. "Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak."

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Fa shalli li Rabbika wanhar.
2. "Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)."

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

Inna syani-aka Huwal abtar.
3. "Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4398 seconds (0.1#10.140)