Amirul Hajj Doakan Jemaah Indonesia Meraih Haji Mabrur

Selasa, 27 Juni 2023 - 17:19 WIB
loading...
Amirul Hajj Doakan Jemaah Indonesia Meraih Haji Mabrur
Habib Hilal Al Aidit menyampaikan sambutan Amirul Hajj di Arafah, Selasa (27/6/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Amirul Hajj 1444 Hijriah, Yaqut Cholil Qoumas mendoakan kepada seluruh jemaah haji Indonesia meraih haji mabrur.

Hal itu disampaikan Gus Yaqut, panggilan Yaqut Cholil Qoumas, saat memberikan sambutan yang diwakili oleh Habib Hilal Al Aidit di Arafah. "Semoga seluruh jemaah haji dapat menjalankan ibadah dengan lancar, dan mendapat haji yang mabrur," ujar Gus Yaqut juga juga Menteri Agama (Menag) RI, Selasa (27/6/2023).

Menurutnya, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini mengusung tema haji berkeadilan dan ramah lansia. Tercatat ada 67.000 jemaah haji lansia pada penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M.



"Ini merupakan tantangan luar biasa bagi kita, tapi kebahagiaan jemaah haji yang telah lama menunggu jadi upaya kami untuk melayani dengan sungguh-sungguh. Kita siapkan banyak pembimbing dan fasilitas agar mereka bisa melaksanakan haji dengan sebaik-baiknya," katanya.

Diakuinya, ibadah haji memiliki karakteristik berbeda dengan ibadah lainnya. Sebab, ibadah haji dilakukan oleh banyak orang yang menuntut untuk kumpul bersama di waktu bersamaan. Apalagi jemaah haji Indonesia jumlahnya cukup besar dan digelar di Arab Saudi dengan aturan yang harus dihormati.

"Alhamdulillah, Indonesia mendapat kuota asal sebesar 221.000 dengan kuota tambahan 8.000, sehingga totalnya menjad 229.000. Ini karena lobi Menteri Agama," katanya.

Baca Juga: 228.093 Jamaah Haji Indonesia Mengikuti Wukuf di Arafah

Upaya untuk memperbaiki penyelenggraaan ibadah haji terus dilakukan secara konsisten. Percepatan keimigrasian, rekam biometrik, dan biovisa, sehingga jemaah haji tidak lama menjalani proses keimigrasiana di Arab Saudi.

"Termasuk akomodasi untuk jemaah haji dari Madinah ke Makkah dan sebaliknya dengan tetap menjaga kenyamanan jemaah. Peningkatan pelayanan di atas merupakan upaya untuk kenyamanan jemaah," katanya.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)