Hari Ini Jemaah Haji Laksanakan Jumrah Aqobah di Mina

Rabu, 28 Juni 2023 - 10:18 WIB
loading...
Hari Ini Jemaah Haji Laksanakan Jumrah Aqobah di Mina
Hari ini jemaah haji melaksanakan jumrah aqobah di Mina. Foto: SINDOnews/Sucipto
A A A
JAKARTA - Hari ini, tepat 10 Zulhijjah 1444 Hijriah, jemaah haji Indonesia tiba di Mina setelah melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Mereka melaksanakan jumrah aqobah.

Seusai mabit di Muzdalifah dan mengambil batu kerikil, sejak dini hari jemaah haji yang tiba di Makkah mulai memadati jamarat baik di lantai bawah maupun lantai tiga jamarat.

Para jemaah, baik tua maupun muda terlihat berbondong-bondong mendatangi jamarat untuk mulai prosesi lontar jumrah aqabah yang merupakan bagian dari puncak haji.

Ahmad, 70, jemaah asal Ciamis mengaku melakukan jumrah aqobah pada dini hari ini untuk menghindari kepadatan di jamarat. "Mumpung masih sepi, jadi saya putuskan untuk melakukan lempar jumrah," ujarnya.



Sementara itu, Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Zaenal Muttaqin mengatakan, hari ini jemaah haji yang tiba di Mina akan melaksanakan lempar jumrah.

"Pemerintah mengimbau agar jemaah melontar sesuai dengan waktu dan jalur yang ditetapkan bagi kloternya masing-masing," ujarnya, Rabu (28/6/2023)

Zaenal yang turun langsung mengawasi proses kedatangan jemaah ke jamarat mengimbau kepada jemaah untuk berhati-hati. "Jaga rombongannya, jaga kekompakannya. Ketua rombongan perhatikan anggotanya jangan sampai ada yang terpisah," ujarnya.
(muh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3049 seconds (0.1#10.140)