Kisah Pembakaran Al-Qur'an di Swedia saat Iduladha

Kamis, 29 Juni 2023 - 14:42 WIB
loading...
Kisah Pembakaran Al-Quran di Swedia saat Iduladha
Salwan Momika, imigran Irak di Swedia yang membakar al-Quran di saat umat Islam merayakan Iduladha. (DialyMail)
A A A
Salwan Momika terlihat mondar-mandir di belakang barisan petugas polisi di luar Masjid Pusat Stockholm yang indah. Ia melambai-lambaikan dua bendera Swedia saat lagu kebangsaan dikumandangkan melalui pengeras suara.

Dengan AirPods putih di telinganya dan sebatang rokok di mulutnya, dia kemudian merobek-robek Al-Quran lalu membakarnya.

Momika adalah seorang pengungsi Irak. Ia meletakkan sepotong daging asap di atas kitab suci itu, lalu menginjak-injaknya. Pria tak dikenal lainnya yang bersamanya berbicara kepada orang banyak melalui megafon.

Aksi ini jelas dimaksudkan untuk menghasut komunitas Muslim yang tengah merayakan Iduladha . Sebaliknya, sekitar 200 orang yang menyaksikan adegantersebut di luar masjid justru mengejek dan mengabaikannya.



Aljazeera melaporkan sejumlah Muslim membagikan cokelat dan mengobrol dengan polisi saat Momika berbicara dalam bahasa Arab melalui megafon.

Beberapa orang melontarkan hinaan pada Momika di luar masjid. Beberapa komentar yang mengejek mengundang tawa dari penonton.

“Bicara bahasa Swedia,” teriak beberapa orang, mengejek Momika karena mengibarkan bendera Swedia tetapi tampaknya tidak bisa berbicara bahasa itu.

Avsan Mezori, 32, seorang manajer keuangan di kerumunan, berkata, "Saya merasa kasihan padanya [Momika], bukan untuk kami". Dia menambahkan bahwa, sebagai seorang Muslim, “apa yang saya miliki dalam diri saya, dia tidak dapat mengambilnya. Saya tidak ingin memberinya perhatian”.

Husam El Gomati, seorang aktivis politik yang berasal dari Libya, menolak tindakan tersebut sebagai “tipuan” yang dimaksudkan untuk memprovokasi reaksi yang dapat digunakan untuk “menggambarkan Muslim sebagai kekerasan”.

Dia mengatakan Momika memilih Iduladha untuk “menanam kebencian”, tetapi menambahkan dia bangga dengan masyarakat karena tetap tenang dan tidak bereaksi.

Ada beberapa individu yang selanjutnya bermaksud untuk mendorong kerumunan. Seorang wanita memegang salib di udara saat dia mengkritik beberapa penonton dalam monolog yang bertele-tele.



Ramona Sinko, seorang Rumania Ortodoks, memarahinya di depan orang banyak, melabelinya sebagai "aib bagi agamanya".

“Tidak bisakah kita semua hidup berdampingan saja, seperti temanku Khaled ini?” kata Sinko sambil menarik seorang pria menyeringai dari kerumunan. “Kami bukan hanya teman. Kami seperti kakak dan adik.”

Polisi menahan seorang pria saat dia mendekati penjagaan keamanan dengan tiga batu dipegang di tangannya di belakang punggungnya.

Petugas dengan cepat menukik masuk, menjatuhkannya ke tanah, dan membawanya pergi.

Direktur dan Imam Masjid Pusat Stockholm, Mahmoud Khalfi, mengatakan kecewa dengan keputusan polisi yang memberikan izin protes selama hari libur Muslim.

Polisi kemudian mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki salah satu pria karena "hasutan terhadap kelompok etnis".

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2842 seconds (0.1#10.140)