Banyak Jemaah Haji Tidur di Luar Tenda, Kemenag Evaluasi Penggunaan Kasur

Jum'at, 30 Juni 2023 - 10:56 WIB
loading...
Banyak Jemaah Haji Tidur di Luar Tenda, Kemenag Evaluasi Penggunaan Kasur
Tenda jemaah haji di maktab Mina. Kemenag akan mengevaluasi penggunaan kasur di tenda maktab Mina. FOTO/SINDOnews/SUCIPTO
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mengevaluasi penggunaan kasur di tenda maktab. Hal itu menyikapi jemaah haji yang tidur di luar akibat over capacity atau kelebihan kapasitas di maktab, tenda penginapan di Mina.

Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief menjelaskan, sebelum digunakan kapasitas tenda penginapan jemaah haji sudah dihitung.

"Sebetulnya kapasitas itu sudah diukur oleh para petugas kita. Satu tenda isinya berapa tapi kemudian di lapangan ada berapa maktab dengan tenda over capacity, sehingga jemaah memindahkan kasur ke luar tenda," ujarnya, Jumat (30/6/2023).



Hilman menyadari, penggunaan kasur di tenda berdampak pada kapasitas jumlah jemaah yang mampu ditampung di tenda. "Dulu tanpa kasur orang bisa mepet. Tapi dengan kasur itu, akhirnya dihitungan kami pun berat. Kalau kasur dikeluarkan bisa nambah orang," katanya.

Penggunaan kasur untuk jemaah haji di tenda penginapan, kata Hilman, sudah memasuki tahun kedua. Sebenarnya penggunaan kasur sudah dibahas pada tahun lalu. Termasuk dampaknya terhadap jemaah haji.

"Penggunaan kasur ini dimulai tahun lalu tapi tahun lalu kan 50% jumlah jemaah hajinya. Ternyata kalau semua orang masing-masing punya kasur maka ada orang yang tergeser," ujarnya.



Selain kasur, faktor lainnya mengapa jemaah haji banyak tidur di luar adalah penggunaan ruang di tenda. "Jadi kan tenda banyak digunakan macam-macam oleh jemaah dan petugas. Dijadikan kantor, gudang dan lain sebagainya. Beberapa yang dipakai gudang tempat menyimpan makanan space yang besar," katanya.

Apalagi, Indonesia mendapatkan kuota tambahan sebesar 8.000 orang. Sementara kondisi Mina tidak ada perubaham signifikan.

"Tenda segini-gininya saja. Ini menjadi bahan refleksi bagi kami ke depan. Kami juga masih berkoordinasi dengan Kementerian Haji Arab Saudi agar ke sepan bisa diperbaiki," ujarnya.

Selain kasur, hal lainnya yang menjadi catatan adalah soal ketesediaan katering dan sebahainya. "Pak Menteri sudah buat catatan banyak ya dan ini akan dikomunikasikan dengan menteri haji. Kira kira desain tahun depan gimana. Karena kalau tenda semacam ini pasti tidak bisa diperluas lagi," ucapnya.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)