Kisah Para Mualaf Australia, Ada yang Dapat Hidayah setelah Datang ke Indonesia

Senin, 10 Juli 2023 - 19:09 WIB
loading...
Kisah Para Mualaf Australia, Ada yang Dapat Hidayah setelah Datang ke Indonesia
Teresa Rouis (tengah, barisan belakang) mengatakan dia mendukung semua jenis orang yang tertarik pada Islam. Foto/Ilustrasi: ABC
A A A
Lincoln Randall membaca syahadat di Masjid Launceston. Ratusan jemaah masjid tersebut menyaksikan kesaksian guru tersebut. Ia telah masuk Islam.

Enam bulan sebelumnya, orang tidak akan percaya dia bakal memilih Islam sebagai jalan hidupnya. Lahir dari keluarga Protestan yang tidak taat, Randall mengatakan bahwa meskipun dia selalu percaya pada Tuhan, kekristenan tidak cocok dengannya.

"Saya pernah ke beberapa gereja Kristen sebelumnya dan itu adalah pertempuran bagi saya. Saya hanya merasa tidak terhubung atau itu masuk akal," katanya sebagaimana dikutip laman ABC.

Saat tinggal di Indonesia 18 tahun lalu ia pertama kali bertemu dengan orang-orang Islam. Terkejut "dengan betapa hangatnya mereka, dan betapa cantiknya mereka", itu mendorongnya untuk mengeksplorasi Islam lebih jauh.

Setelah menjadi muslim, dia merasa diterima secara resmi di masyarakat. "Itu luar biasa. Saya sangat gugup, tapi saya merasakan kehangatan dari setiap orang yang datang dan menyambut saya," kata Randall.



Islam populer bagi orang Barat, tetapi memiliki tantangan tersendiri. Mostafa Seleem, pendiri Masjid Launceston, menyebut dari tahun 2016 hingga 2021, komunitas Muslim Tasmania tumbuh menjadi 2.449 orang, sekarang diperkirakan setidaknya 3.000 orang. Secara nasional, Biro Statistik mencatat Muslim di Australia pada 2021 mencapai 813.392 orang.

Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Ini terjadi karena globalisasi, imigrasi, dan tingkat kelahiran yang lebih tinggi — sebagaimana dicatat oleh Pew Research Center — hal itu masuk akal.

Menariknya, ada juga aliran bertahap orang Barat yang memeluk Islam. Sebuah laporan tahun 2023 oleh Cambridge University Press menemukan minat orang masuk Islam telah meningkat di Barat, dengan 15,8 persen dari 1.034 Muslim Australia yang disurvei yang mengidentifikasi diri pada tahun 2020 sebagai mualaf.



Di Amerika Serikat , laporan Pew Research tahun 2017 menyebut dari 1.001 Muslim yang disurvei menemukan satu dari lima para mualaf itu 57 persen sebelumnya adalah Protestan atau Kristen Ortodoks.

Pew, sementara itu, juga menunjukkan jumlah orang yang keluar dari iman kira-kira sama dengan mereka yang bergabung, menunjukkan bahwa konversi tidak memiliki dampak langsung pada pertumbuhan Islam.

Dr Seleem telah membantu 10 warga Tasmania utara masuk Islam sejak masjidnya dibuka tahun lalu, sembilan dari latar belakang tradisional Barat. Dia mengatakan komunitas masjid setidaknya berjumlah 700 orang.

"Setidaknya setiap tiga atau empat bulan kami memiliki seseorang dengan latar belakang Kaukasia yang tersesat atau sedang mencari jawaban untuk pertanyaan yang sangat mendalam dan spesifik," kata Dr Seleem.

Tapi itu tidak datang tanpa tantangan. Mr Randall mengatakan salah satu anggota baru dari komunitasnya masih beradaptasi dengan praktik-praktik seperti salat lima kali sehari dan puasa Ramadan.

"Salat lima kali sehari mungkin merupakan pekerjaan yang cukup besar bagi seseorang yang berasal dari latar belakang tradisional Barat," katanya.

"Saat ini, hal terpenting adalah mengucapkan Syahadat. Sekarang, ini tentang mencoba menerapkan kehidupan doa ke dalam hidup saya. Tapi itu perjalanan yang lambat."

Dr Seleem berkata sambil berdoa sepanjang hari mungkin terdengar seperti beban bagi sebagian orang, bagi yang lain itu memberikan kesadaran dan hubungan spiritual. "Anda harus melepaskan apa yang ada di pikiran Anda, apa yang menyibukkan Anda," katanya.

“Setiap kali Anda merasa kewalahan dengan pekerjaan atau kehidupan, [doa] mengatur kehidupan, mengatur pekerjaan, mengatur semua yang Anda lakukan."

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)