Khutbah Terakhir Nabi Muhammad SAW pada Haji Wada' Sangat Menyentuh Hati

Rabu, 12 Juli 2023 - 11:23 WIB
loading...
Khutbah Terakhir Nabi Muhammad SAW pada Haji Wada Sangat Menyentuh Hati
Khutbah terakhir Nabi Muhammad SAW membuat ratusan ribu umat muslim menangis di lembah Uranah Padang Arafah Tahun ke-10 Hijriyah. Foto/ist
A A A
Khutbah terakhir Nabi Muhammad SAW pada Haji Wada' (haji perpisahan) dapat kita jadikan pembelajaran. Isi khutbah beliau sangat menyentuh hati dan penuh dengan hikmah.

Ketika melaksanakan Haji Wada', Rasulullah ï·º bertolak ke Padang Arafah dari Mina setelah matahari terbit di Hari ke-9 Dzulhijjah (Hari Arafah). Kala itu musim Haji Tahun 10 Hijriyah atau sekira Tahun 632 Masehi.

Sebuah kemah didirikan di kaki bukit Jabal Rahmah. Rasulullah SAW berada di dalam kemah itu hingga matahari tergelincir di waktu Zuhur. Lalu Beliau naik unta kesayangannya bernama Al-Qaswa dan berdoa mengangkat tangannya.

Setelah itu Beliau menuju Wadi Uranah, sebuah lembah yang dipenuhi 140 ribu kaum muslim yang berkumpul sembari menunggu kedatangan Rasulullah SAW. Di tempat itu, beliau menyampaikan khutbah terakhirnya sebelum wafat pada 12 Rabiul Awal Tahun 11 Hijriyah dalam usia 63 tahun.

Isi Khutbah Terakhir Rasulullah ï·º
Isi khutbah terakhir Rasulullah ï·º mengandung pesan luar biasa sekaligus menyempurnakan risalah dan tugas kenabian. Dalam Kitab Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam diceritakan saat melaksanakan prosesi ibadah hajinya, Rasulullah mengajarkan manasik haji kepada kaum Muslimin, menjelaskan sunnah-sunnah Haji dan berkhutbah di hadapan mereka.

Setelah memuji Allah dan menyanjung-Nya, lalu Rasulullah ï·º bersabda:

"Wahai manusia, simaklah dengan seksama perkataanku, karena aku tidak tahu apakah masih bisa berjumpa kalian tahun depan di tempat ini."

"Wahai manusia, sesungguhnya darah dan harta benda kalian adalah haram bagi kalian hingga kalian berjumpa dengan Allah sebagaimana haramnya hari dan bulan kalian ini. Sesungguhnya kalian semua akan menemui Tuhan kalian lalu Dia akan bertanya tentang amal perbuatan kalian. Sungguh hal ini telah aku sampaikan. Barangsiapa yang masih memiliki amanah, hendaklah ia menunaikannya kepada yang berhak menerimanya."

"Sesungguhnya semua riba dihapus terkecuali modal harta kalian. Dengan cara ini kalian tidak berbuat zalim dan jangan pula mau dizalimi. Karena Allah telah menentukan tidak boleh lagi ada riba. Sesungguhnya riba Al-Abbas bin Abdul Muthalib semuanya terhapus. Sesungguhnya bunuh-membunuh karena balas dendam pada masa jahiliyah itu terhapus dan darah yangpertama kali aku hapus ialah darah Ibnu Rabi'ah bin Al-Harits bin Abdul Muthalib. Dulu ia mencari wanita yang menyusui di Bani Laits lalu ia dihabisi oleh orang-orang Hudzail. Ia lah yang pertama kali kuhapuskan darahnya pada masa jahiliyah."

"Wahai manusia, sesungguhnya setan telah menyerah dan putus asa untuk bisa disembah di negeri kalian untuk selama-lamanya. Namun setan ditaati dalam hal yang lainnya dan sungguh setan senang sekali dengan hal itu, yaitu amal perbuatan yang kalian anggap kecil, oleh karena itu, hati-hatilah kalian terhadap setan, jangan sampai merusak agama kalian!"

"Wahai manusia, sesungguhnya mengundur-undurkan bulan haram itu bisa menambah kekafiran. Orang-orang yang kafir telah disesatkan karena mengundur-undurkan itu, mereka menghalalkannya pada suatu tahun dan mengharamkannya pada tahun yang lain, agar mereka dapat mencocokkannya dengan bilangan yang Allah mengharamkannya maka mereka menghalalkan apa yang diharamkan Allah dan mengharamkan apa yang Allah halalkan." (QS. At-Taubah: 37)

"Sesungguhnya roda waktu itu terus berputar sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Sesungguhnya jumlah bulan di sisi Allah ialah dua belas. Empat di antaranya adalah bulan haram; tiga bulan berturut- turut dan bulan Rajab yang berada di antara bulan Jumadil Akhir dengan bulan Sya'ban. Amma Ba'du."

"Wahai manusia, sesungguhnya kalian memiliki hak atas istri-istri kalian sebagaimana istri-istri kalian juga mempunyai hak atas kalian. Hak kalian atas istri-istri kalian ialah mereka harus mengharamkan siapa pun dari orang-orang yang kalian tidak sukai untuk mendatangi ranjang-ranjang kalian dan istri-istri kalian haram bagi mereka mengerjakan perbuatan keji dan tidak senonoh."

"Jika istri-istri kalian mengerjakan hal-hal tersebut, Allah mengizinkan kalian untuk mendiamkan mereka di tempat tidur dan memukul mereka namun jangan sampai melukai mereka. Jika meeka telah sadar dan bertaubat, mereka berhak mendapatkan nafkah danpakaian dengan cara yang baik. Berbuat baiklah kepada para istri kalian, karena mereka seperti tawanan yang tidak memiliki sesuatu apa pun."

"Sesungguhnya kalian mengambil istri-istri kalian dengan amanah Allah dan menghalalkan kemaluan mereka dengan kalimat-kalimat Allah. Oleh karena itu, camkanlah ucapanku ini, karena aku telah menyampaikannya kepada kalian. Aku wariskan kepada kalian Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya yang jika kalian berpegang teguh kepada keduanya, kalian tidak akan tersesat untuk selamanya."

"Wahai manusia sekalian, simak dan camkanlah ucapanku. Ketahuilah bahwa setiap Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya dan seluruh kaum Muslimin itu bersaudara. Oleh sebab itulah, tidak halal baginya mengambil sesuatu dari saudaranya kecuali bila hatinya menyetujuinya. Janganlah kalian suka menzalimi diri kalian. Apakah ini semua telah aku sampaikan? Umat muslim serentak berkata: "Sudah." Maka Rasulullah bersabda: "Ya Allah, saksikanlah."

Demikian khutbah terakhir Baginda Nabi Muhammad yang membuat ratusan ribu orang menangis di lembah Uranah tersebut.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)