Ciri-Ciri Nabi Isa Al Masih Alaihissalam yang Kelak akan Hidup Kembali Pertanda Hari Kiamat

Kamis, 13 Juli 2023 - 09:31 WIB
loading...
Ciri-Ciri Nabi Isa Al Masih Alaihissalam yang Kelak akan Hidup Kembali Pertanda Hari Kiamat
Ciri-ciri dari Nabi Isa yang akan turun kembali ke bumi telah disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam beberapa hadisnya. Nabi Isa sosoknya berpostur tubuh sedang, berdada bidang, kulitnya kemerah-merahan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Nabi Isa merupakah salah satu nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan risalah-Nya kepada Bani Israil. Nabi Isa Alaihissalam sendiri bernama Isa Ibni Maryam atau dikenal dengan Isa Al-Masih.

Ketika hendak menyampaikan risalah kepada Bani Israil, Nabi Isa mendapat banyak penolakan dari Bani Israil dan mereka pun tak segan untuk membunuhnya. Allah Ta’ala pun langsung mengangkat Nabi Isa ke langit.

Meskipun sudah diangkat ke langit, Nabi Isa pun akan diturunkan kembali ke bumi. Turunnya beliau di bumi akan menjadi salah satu tanda kiamat besar hancurnya alam semesta ini.

Nabi Isa akan diturunkan saat umat Islam berada dalam keadaan lemah setelah datangnya Dajjal, si pembohong besar. Kisah tentang kondisi Nabi Isa sebelum turun ke bumi pada hari kiamat terdapat pada Surat Ali ‘Imran ayat 55.

Allah SWT berfirman:

اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسٰۤى اِنِّىۡ مُتَوَفِّيۡكَ وَرَافِعُكَ اِلَىَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا وَجَاعِلُ الَّذِيۡنَ اتَّبَعُوۡكَ فَوۡقَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡۤا اِلٰى يَوۡمِ الۡقِيٰمَةِ ‌‌ۚ ثُمَّ اِلَىَّ مَرۡجِعُكُمۡ فَاَحۡكُمُ بَيۡنَكُمۡ فِيۡمَا كُنۡتُمۡ فِيۡهِ تَخۡتَلِفُوۡنَ


Iz qoolal laahu yaa 'Eesaaa innii mutawaffiika wa raafi'uka ilaiya wa mutah hiruka minal laziina kafaruu wa jaa'ilul laziinattaba uuka fawqal laziina kafaruuu ilaa Yawmil Qiyaamati summa ilaiya marji'ukum fa ahkumu bainakum fiimaa kuntum fiihi takhtaliifo

Artinya: (Ingatlah), ketika Allah berfirman, "Wahai Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan."

Sementara itu, ciri-ciri dari Nabi Isa sendiri telah disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam beberapa hadisnya. Nabi Isa sosoknya berpostur tubuh sedang, berdada bidang, kulitnya kemerah-merahan seperti baru keluar dari permandian. (HR Al-Bukhari, Muslim).

Dalam riwayat Ibn Abbas, kulit Nabi Isa ibn Maryam yang dilihat oleh Rasulullah SAW ketika Isra Mi'raj adalah putih kemerahan (al-hamrah wal bayadh).

Nabi Isa bin Maryam dengan kulit putih kemerahan inilah yang nanti pada akhir zaman turun ke bumi.Hal ini diketengahkan dalam Hadis Mustadrak Al-Hakim:

إن روح الله عيسى ابن مريم نازل فيكم فإذا رأيتموه فاعرفوه رجل مربوع إلى الحمرة و البياض عليه ثوبان ممصران كان رأسه يقطر و إن يصبه بلل فيدق الصليب و يقتل الخنزير و يضع الجزية و يدعو الناس إلى الإسلام فيهلك الله في زمانه المسيح الدجال و تقع الأمنة على أهل الأرض حتى ترعى الأسود مع الإبل و النمور مع البقر و الذئاب مع الغنم و يلعب الصبيان مع الحيات لا تضرهم فيمكث أربعين سنة ثم يتوفى و يصلي عليه المسلمون


Artinya: "Sesungguhnya ruhullah, Isa akan turun di tengah-tengah kalian. Maka jika kalian melihatnya, maka kenalilah dia. Dia adalah berkulit putih kemerah-merahan dan mengenakan dua baju, seakan kepalanya meneteskan air dan basah. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapuskan hukum jizyah dan menyeru manusia pada Islam, membinasakan Dajjal dan meletakkan amanah (keamanan) di atas muka bumi sehingga singa dengan unta bergembala bersama, singa dengan sapi, serigala dengan kambing dan anak kecil bermain ular, tidak membahayakan mereka. Nabi Isa akan menetap 40 tahun, kemudian meninggal dan disholati oleh kaum muslimin."



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)