Profil Ilhan Omar Anggota Kongres AS yang Akan Boikot Pidato Presiden Israel

Sabtu, 15 Juli 2023 - 07:00 WIB
loading...
Profil Ilhan Omar Anggota Kongres AS yang Akan Boikot Pidato Presiden Israel
Ilhan Omar anggota Kongres AS yang akan boikot pidato Presiden Israel. Foto/Ilustrasi: People
A A A
Nama lengkapnya adalah Ilhan Abdullahi Omar dikenal dengan Ilhan Omar. Anggota parlemen AS dari Partai Demokrat ini mengumumkan akan memboikot pidato Presiden Israel, Isaac Herzog , dalam sesi gabungan Kongres, yang dijadwalkan Rabu nanti.

"Tidak mungkin saya menghadiri pidato seorang presiden yang negaranya telah melarang saya dan melarang Rashida Tlaib untuk melihat neneknya," tulis muslimah kelahiran 4 Oktober 1982 dalam utas Twitter yang panjang pada hari Rabu, 12 Juli 2023.

Asal tahu saja, pada tahun 2019, Israel melarang Ilhan Omar dan Rashida Tlaib memasuki wilayah Palestina yang diduduki Israel. Keduanya adalah anggota Kongres AS.

Kala itu, Perdana Menteri Israel dijabat Benjamin Netanyahu . Israel melarang keduanya atas "dugaan provokasi dan promosi" gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) yang diprakarsai Palestina.



Mantan Presiden AS Donald Trump mendukung langkah melawan anggota parlemen AS itu.

Ilhan Omar dan Rashida Tlaib menjadi pendukung vokal gerakan tersebut, sebagai upaya menekan Israel agar mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia terhadap warga Palestina. Gerakan ini menimbulkan reaksi balik dari kelompok lobi pro-Israel.

Somalia-Amerika

Ilhan Omar adalah politikus Somalia-Amerika dari Minnesota. Pada tanggal 6 November 2018, ia terpilih sebagai anggota DPR dari Partai Demokrat. Ia mewakili daerah pemilihan kongres ke-5 Minnesota yang mencakup Minneapolis, Edina, Richfield, Golden Valley, dan pinggiran kota lainnya.

Ilhan Omar merupakan orang Somalia-Amerika pertama yang terpilih sebagai pejabat legislatif di Negeri Paman Sam itu. Bukan itu saja. Ia juga merupakan perempuan berkulit hitam pertama yang menjadi anggota DPR Amerika Serikat dari Minnesota.

Ibu dari tiga anak ini tinggal di Minneapolis dan Washington, D.C. Ia bersama Rashida Tlaib merupakan 2 muslimah pertama yang terpilih sebagai anggota Kongres. Sedangkan Rashida Tlaib, perwakilan AS untuk Distrik Kongres ke-13 Michigan. Dia seorang Amerika Palestina.



Pengungsi

Ilhan Omar lahir pada tahun 1982 di Mogadishu, Somalia, dan dibesarkan di Baydhabo, Somalia. Pada tahun 1991, dia dan keluarganya melarikan diri dari perang saudara di Somalia, menghabiskan empat tahun di sebuah kamp pengungsi di Kenya.

Pada tahun 1995, mereka berimigrasi ke Amerika Serikat, akhirnya menetap di Minneapolis, Minnesota, pada tahun 1997.

Ilhan Omar menerima gelar Bachelor of Arts dalam ilmu politik dan Bachelor of Science dalam studi internasional dari North Dakota State University. Dia adalah seorang ahli kebijakan di Humphrey School of Public Affairs.

Ia bekerja sebagai pendidik nutrisi masyarakat di University of Minnesota dari 2006 hingga 2009 dan sebagai koordinator penjangkauan nutrisi anak di Departemen Pendidikan Minnesota dari 2012 hingga 2013.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)