Suharja, Jemaah Haji yang Hilang Ditemukan Meninggal Dunia

Minggu, 16 Juli 2023 - 22:11 WIB
loading...
Suharja, Jemaah Haji yang Hilang Ditemukan Meninggal Dunia
Satu dari dua jemaah haji yang hilang, Suharja Wardi Ardi (69) ditemukan meninggal dunia. Foto: Dok SINDOnews
A A A
MAKKAH - Satu dari dua jemaah haji yang hilang, Suharja Wardi Ardi (69) ditemukan meninggal dunia. Kabar tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Minggu (16/7/2023) WAS.

Suharja dari kloter 10 Embarkasi Kertajati atau KJT 10 ditemukan tim Linjam di ruang penyimpanan jenazah (tsallajah) rumah sakit (RS) Mu'aisyim, Mina, Makkah.



Jenazah Suharja ditemukan tanpa pengenal termasuk gelang identitas. Ketiadaan identitas tersebut membuat pencarian jemaah memerlukan waktu dan diperlukan kesaksian langsung dari keluarga terdekat.

Proses verifikasi jenazah ini dilakukan di Markaz at-Thib asy-Syar'iy bi Shihhah al-Makkah al Mukarramah atau Forensic Medicine Center Makkah dengan menghadirkan istri almarhum Suharja, Ibu Hj Aat.

"Alhamdulillah hari ini pukul 15.00 waktu Arab Saudi, saya bersama Kepala KUH (Kantor Urusan Haji) Nasrullah Jasam, Kabid Linjam Haji Kolonel Laut Harun Arrasyid , MA (Kasubdis Binroh Disbintalal Mabes TNI AL Cilangkap Jaktim), Kadaker Madinah Zaenal Muttaqin dan tim bersama-sama mengunjungi Markaz at-Thib asy-Syar'iy bi Shihhah al-Makkah al Mukarramah," ujar Hilman Latief di Makkah, Minggu (16/7/2023).

Untuk identifikasi, tim menjemput istri jemaah asal Majalengka tersebut, Hj Aat dari Madinah. Hj Aat diantar Kadaker Madinah ke Makkah bersama dokter kloter dan dua pendamping lainnya.

Hj Aat diantarkan ke Forensic Medicine Center Makkah untuk memastikan kondisi jemaah yang berhasil ditemukan oleh tim Linjam.

Setelah identitas dipastikan Suharja, proses selanjutnya segera mengurus proses pemandian jenazah. "Kami sedang proses pemandian dan agar bisa disalat jenazahkan di Masjidilharam serta segera dimakamkan," kata Hilman.

Sebelumnya, ada dua jemaah haji Indonesia yang masih proses pencarian. Dengan ditemukannya jenazah Suharja, saat ini masih ada satu jemaah yang masih dicari yaitu Idun Rohim Zen (87) yang tergabung dalam kloter 20 Embarkasi Palembang.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)