Surat Quraisy Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan

Rabu, 19 Juli 2023 - 20:48 WIB
loading...
Surat Quraisy Lengkap Arab, Latin, Terjemahan dan Keutamaan
Surat Quraisy menceritakan kebiasaan orang-orang Quraisy sebagai suku yang dimuliakan Allah dan mendapat kehormatan untuk memelihara Kabah. Foto/ist
A A A
Surat Quraisy lengkap Arab, latin dan terjemahan berikut ini termasuk surat-surat pendek dalam Al-Qur'an. Surat ke-106 ini terdiri 4 ayat dan diturunkan sesudah Surat At-Tin (golongan surat Makkiyah).

Nama Quraisy diambil dari kata yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya Suku Quraisy. Quraisy adalah suku yang dimuliakan Allah dan mendapat kehormatan untuk memelihara Ka'bah.

Berikut Surat Al-Quraisy Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


لِاِيۡلٰفِ قُرَيۡشٍۙ

Li-iilaafi Quraiisy.
1. Karena kebiasaan orang-orang Quraisy.

اٖلٰفِهِمۡ رِحۡلَةَ الشِّتَآءِ وَالصَّيۡفِ‌ۚ

iilaafihim rihlatasy syitaa-i washshoiif.
2. (yaitu) Kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.

فَلۡيَـعۡبُدُوۡا رَبَّ هٰذَا الۡبَيۡتِۙ‏

Fal Ya'buduu Robba Haazal-baiit.
3. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka'bah).

الَّذِىۡۤ اَطۡعَمَهُمۡ مِّنۡ جُوۡعٍ ۙ وَّاٰمَنَهُمۡ مِّنۡ خَوۡفٍ

Alladzii ath'amahum min ju'inw-wa Aamana Hum min khouuf.
4. Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan.

Keutamaan Surat Quraisy
Imam Al-Baihaqi meriwayatkan tentang masalah khilafiyah dari Ummu Hani' binti Abu Thalib bahwa sesungguhnya Rasulullah bersabda: "Allah mengutamakan Suku Quraisy dengan tujuh karakter, di antaranya yaitu bahwa Allah menurunkan surah dalam Al-Qur'an untuk mereka."

Kemudian Rasulullah membaca surah ini. Kagumlah kalian pada kebiasaan Suku Quraisy, yaitu suku dari bangsa Arab yang paling agung yang berasal dari keturunan An-Nadhar bin Kinanah dan merupakan sukunya Nabi Muhammad SAW.

Khasiat Surat Quraisy
Para ulama salaf terdahulu sering menjadikan Surat Quraisy sebagai wirid saat hendak menyantap makanan. Dalam Kitab "Kaifa Takunu Ghaniyyan" dijelaskan bahwa Habib Sa'ad Muhammad bin Alawi Al-Aydrus berkata: "Barang siapa yang membaca Surat Al-Quraisy, maka akan hilang kesusahan dan rasa-wasnya. Dan barang siapa yang membacanya pada makanan, maka Allah Ta'ala akan menghilangkan mudharatnya (pada tubuh)".

Habib Ahmad Naufal menerangkan beberapa khasiat Surah Quraisy:
1. Barangsiapa yang membaca pada makanan yang dikhawatirkan menimbulkan mudarat terhadap badannya seperti racun, maka hal itu akan hilang dengan sendirinya. Sedangkan makanan itu tidak akan membahayakan bahkan menjadikan berkat terhadap dirinya. Bila dibaca pada bahan makanan untuk orang ramai (misalnya beras untuk kenduri) Insya Allah bahan makanan itu akan membawa berkah.
2. Tulis surah ini dengan minyak Zaitun, lalu dilebur dengan air hujan dan diminumkan kepada orang yang terkena racun, maka tidak akan mendatangkan bahaya sama sekali terhadap dirinya.
3. Bila ditulis pada piring, menulisnya harus dalam keadaan suci lalu dilunturkan dengan air biasa, kemudian air itu diminumkan orang yang terkena bisa atau keracunan, Insya Allah sembuh.
4. Bila air itu diminumkan kepada orang yang sedang kebingungan, Insya Allah dia akan sadar dan hilang bingungnya.
5. Apabila surah ini ditulis dan dileburkan dengan air lalu diminumkan kepada orang yang bingung dan pelupa, maka dia akan sembuh dari keluhannya dengan izin Allah.
6. Untuk merawat sakit buah pinggang, bacalah surah ini kemudian tiupkan kepada makanan sebelum memakannya. Insya Allah sakit pinggang akan berangsur sembuh dengan izin-Nya.
7. Menjaga supaya badan senantiasa berada dalam keadaan sehat dan bugar, hendaklah istiqamah membaca Surah Quraisy.
8. Barangsiapa membaca Surah Quraisy akan dihilangkan beban pikirannya, kesedihan, was-was dan dilindungi dari segala kejahatan.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)