alexametrics

Doa Khusus di Hari Arafah, Dibaca Bakda Ashar

loading...
Doa Khusus di Hari Arafah, Dibaca Bakda Ashar
Salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah mulai sore ini bakda Salat Ashar hingga nanti malam. Foto/Ist
Hari ini tanggal 9 Dzulhijjah adalah hari wukuf di padang Arafah bertepatan Kamis 30 Juli 2020 atau mulai tengah hari jam 12.21 Waktu KSA (King of Saudi Arabia). Momentum ini merupakan waktu dimulainya Khutbah Arafah. Ini termasuk waktu mustajab untuk berdoa.

Di Indonesia, waktu tersebut bertepatan dengan bakda Salat Ashar pukul 17.21 WIB sore hingga waktu bakda Salat Magrib pukul 18.21 WIB. Kaum muslimin di dunia termasuk di Indonesia dianjurkan bermunajat kepada Allah setelah Salat Ashar. (Baca Juga: 6 Faedah Penting Hadis tentang Puasa Arafah, Apa Saja?)

Bisa dengan memperbanyak zikir dan doa serta bermuhasabah baik di rumah maupun di masjid. Yang penting kita tinggalkan dulu segala urusan dunia, kita fokus hanya Allah Ta'ala.

Doa yang Dianjurkan
Pada hari Kamis sesudah Salat Ashar, dianjurkan membaca doa khusus sebagaimana diijazahkan Guru Mulia Al-Imam Al-Hafizh Al-Musnid Al-Habib Abdullah bin Abdul Qodir Bilfaqih rodhiyallohu 'anhu:



اللهم اجعلنا من الواقفين والمتضرعين فى عرفات إنك على كل شيء قدير

Allohummaj'alnaa Minal Waaqifiina Wal Mutadhorri'iina Fii 'Arofaat, Innaka 'Alaa Kulli Syai-in Qodiir. (Dibaca 100 Kali)

Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang yang sedang wukuf dan khusyuk beribadah di Padang Arafah, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.



Faedah:
Siapa yang membaca doa tersebut pada hari 'Arafah, maka akan diberi pahala serta asrornya orang-orang yang sedang Wukuf di 'Arafah. (Baca Juga: Keistimewaan dan Keutamaan Puasa Arafah)

Hadirkan hati dan pikiran kita seolah-olah kita sedang berada di Padang Arafah. Semoga tahun-tahun berikutnya kita akan dihadirkan oleh Allah untuk bisa beribadah haji dan Umrah serta bisa Wukuf di Arafah'. Allahumma Aamin. (Baca Juga: Puncak Haji, Pagi Ini Jamaah Mulai Bergerak Menuju Arafah)
(rhs)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
فَقَالُوۡا عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلۡنَا‌ ۚ رَبَّنَا لَا تَجۡعَلۡنَا فِتۡنَةً لِّـلۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَۙ‏
Lalu mereka berkata, Kepada Allah-lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zhalim,

(QS. Yunus:85)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak