Doa Agar Anak Dijaga Allah, Insya Allah Berkah!

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 20:53 WIB
loading...
Doa Agar Anak Dijaga Allah, Insya Allah Berkah!
Nabi Muhammad senantiasa membaca bacaan doa ini untuk perlindungan Al-Hasan dan Al-Husain. Foto/ist
A A A
Doa ini termasuk amalan yang diajarkan Rasulullah ﷺ agar anak dilindungi Allah dari segala gangguan dan diliputi keberkahan.

Selain berdoa, setiap orang tua dianjurkan memandang anak dengan pandangan kasih sayang. Untuk diketahui, doa orang tua kepada anak nya termasuk doa yang mustajab sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ berikut:

"Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua pada anaknya." (HR Ibnu Majah 3862)

Berikut bacaan doa yang diajarkan Nabi untuk perlindungan anak-anak.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ. اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ وَلَا تَضُرَّهُ ...امين

U'idzuka bikalimatillahit Taammati min kulli syaithanin, wa Hammatin, wa min kulii 'ainin lammah. Allahumma baarik fihi, wa la tadhurroh. Aamiin!

Artinya: "Aku menyerahkan perlindunganmu dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala gangguan setan, binatang melata/serangga, dan segala pengaruh mata jahat. Ya Tuhanku, turunkan keberkahan-Mu pada anak ini. Jangan izinkan sesuatu membuatnya celaka. Aamin!"

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari. Juga diketengahkan dalam Kitab Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi (wafat 676 H).

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata, "Nabi Muhammad ﷺ senantiasa membaca bacaan doa ini untuk perlindungan Al-Hasan dan Al-Husain. Beliau bersabda, 'Sesungguhnya bapak kalian berdua (Nabi Ibrahim) sesantiasa membaca bacaan (di atas) untuk perlindungan Ismail dan Ishaq.

Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)