Ayat-Ayat Al-Qur'an tentang Etika Perempuan Bertemu dengan Kaum Laki-Laki

Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:15 WIB
loading...
Ayat-Ayat Al-Quran tentang Etika Perempuan Bertemu dengan Kaum Laki-Laki
Ayat-ayat al-Quran bicara tentang etika perempuan ketika bertemu laki-laki. Ilusttrasi: pinterest
A A A
Prof Dr Abdul Halim Abu Syuqqah dalam kitabnya yang berjudul Tahrirul-Ma'rah fi 'Ashrir-Risalah yang dalam edisi Indonesia menjadi "Kebebasan Wanita" (Gema Insani Press, 1998) menyampaikan ayat-ayat al-Quran tentang etika perempuan ketika bertemu laki-laki.

Pertama, menahan pandangan. Hal ini termaktub dalam firman Allah SWT dalam QS An-Nur ayat 30-31 yang berbunyi sebagai berikut:

"Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: 'Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat ' Katakanlah kepada wanita yang beriman: 'Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya ...'" ( QS an-Nur : 30-31)



Kedua, menutup seluruh tubuh selain wajah dan kedua telapak tangan. Allah SWT berfirman:

"... Dan janganlah mereka (wanita-wanita mukmin) menampilkan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak dari padangan dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya ...." ( QS an-Nur : 31)

Ketiga, tenang dan terhormat dalam gerak-gerik. Allah SWT berfirman:

"... Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik." ( QS al-Ahzab : 32)

Keempat, serius dan sopan dalam berbicara. Allah SWT berfirman:

"... Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik." ( QS al-Ahzab : 32)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)