Kisah Sekumpulan Jin Tertegun Mendengarkan Bacaan Qur'an Rasulullah SAW

Rabu, 30 Agustus 2023 - 20:32 WIB
loading...
Kisah Sekumpulan Jin Tertegun Mendengarkan Bacaan Quran Rasulullah SAW
Kisah sekumpulan Jin terkagum-kagum mendengarkan bacaan Quran Rasulullah termasuk kisah-kisah hikmah yang diceritakan dalam Al-Quran. Foto/SINDOnews
A A A
Dikisahkan sekumpulan Jin tertegun dan terkagum-kagum saat mendengar bacaan Qur'an Rasulullah ﷺ. Allah memperlihatkan salah satu keagungan-Nya dan kemuliaan Al-Qur'an kepada makhluk-Nya termasuk makhluk ghaib.

Serombongan Jin berjumlah tujuh atau sembilan tampak khusyu' menyimak dan mendengarkan lantunan Al-Qur'an yang dibaca Baginda Rasulullah. Dikisahkan ketika Rasulullah ﷺ dan para sahabat sedang menghadapi tantangan berat dari kaum musyrik Makkah. Setelah istri yang beliau cintai, Sayyidah Khadijah wafat, kemudian disusul wafatnya paman beliau Abu Thalib.

Nabi merasa kehilangan orang-orang tercinta yang selama ini melindungi beliau dari gangguan orang-orang Quraisy. Sementara itu, ancaman dan gangguan orang Quraisy semakin bertambah. Beliau pun pergi ke Kota Thaif dengan harapan mendapat perlindungan dan pertolongan dari Bani Saqif. Tetapi Bani Saqif justru bertindak kasar dengan menyuruh budak-budak mereka mengusir dan melempari Rasulullah ﷺ sehingga kaki beliau luka dan berdarah.

Mereka memaksa Rasulullah ﷺ melarikan diri ke kebun kurban 'Utbah dan Syaibah. Di sana beliau berlindung dari teriknya matahari. Setelah beliau berdoa meminta pertolongan Allah, barulah budak-budak itu pergi. Kemudian Rasulullah kembali ke Makkah. Dalam perjalanan itu, beliau singgah di Nakhlah, satu tempat di pinggir Makkah. Beliau bermalam di sana.

Pada malam itu, beliau sholat dan membaca Al-Qur'an dalam sholatnya. Allah mengerahkan tujuh pemuka Jin untuk mendengarkan Nabi membaca Al-Qur'an. Nabi tidak mengetahui kedatangan Jin dan juga tidak mengetahui saat jin itu kembali ke tempatnya.

Kisah sekumpulan Jin yang mendengarkan bacaan Al-Qur'an Nabi ini dikabarkan Allah dalam Al-Qur'an. Dengan turunnya ayat ini barulah Rasulullah ﷺ mengetahui kedatangan Jin itu. Berikut firman-Nya:

وَاِذۡ صَرَفۡنَاۤ اِلَيۡكَ نَفَرًا مِّنَ الۡجِنِّ يَسۡتَمِعُوۡنَ الۡقُرۡاٰنَ‌ۚ فَلَمَّا حَضَرُوۡهُ قَالُوۡۤا اَنۡصِتُوۡا‌ۚ فَلَمَّا قُضِىَ وَلَّوۡا اِلٰى قَوۡمِهِمۡ مُّنۡذِرِيۡنَ

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan kepadamu (Muhammad) serombongan jin yang mendengarkan (bacaan) Al-Qur'an, maka ketika mereka menghadiri (pembacaan)nya mereka berkata, "Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)!" Maka ketika telah selesai mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan." (QS Al-Ahqaf Ayat 29)

Dalam tafsir ringkas Kemenag disebutkan, ketika rombongan Jin ini mendengarkan bacaan Rasulullah, di antara mereka ada yang berkata kepada yang lain: "Dengarlah baik-baik bacaan Al-Qur'an ini agar dengan demikian kita dapat memusatkan perhatian kepada bacaan yang belum pernah kita dengar selama ini. Dan untuk menunjukkan sikap dan budi pekerti yang baik pada waktu mendengarkan pembacaan ayat Al-Qur'an yang mulia ini."

Setelah mereka selesai mendengarkan bacaan Al-Qur'an itu, mereka kembali kepada kaumnya untuk menyampaikan apa yang telah mereka dengarkan tersebut.

Menurut Ibnu Mas'ud, ayat ini diturunkan berkenaan dengan 9 Jin yang di antara mereka terdapat Zauba'ah. Ia datang di saat Rasulullah membaca Al-Qur'an di sebuah kebun kurma. Zauba'ah mendengarkan Rasulullah dengan seksama dan menyuruh semua temannya (sesama Jin) agar memperhatikan (menyimak) bacaan Rasulullah ﷺ. (HR Ibnu Abi Syaibah)

Mengenai Hadis-hadis Rasulullah yang menerangkan pertemuan beliau dengan serombongan jin antara lain Hadis di bawah ini:

Masruq berkata, "Aku bertanya kepada Ibnu Mas'ud tentang siapa yang memberitahukan kepada Nabi Muhammad ﷺ akan kehadiran Jin pada malam mereka mendengarkan bacaan Al-Qur'an," beliau menjawab, "Yang memberitahukan kehadiran mereka ialah pohon kayu itu." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2554 seconds (0.1#10.140)