Besok Jumat, Rektor UIM Makassar Prof KH Muammar Bakry Jadi Khatib di Masjid Istiqlal

Kamis, 31 Agustus 2023 - 22:41 WIB
loading...
Besok Jumat, Rektor UIM Makassar Prof KH Muammar Bakry Jadi Khatib di Masjid Istiqlal
Prof KH Muammar Bakry akan membawakan tema khutbah Jumat berjudul Ekologi Spiritual Dalam Merawat Jagat (membangun kesadaran terhadap lingkungan). Foto/ist
A A A
Besok Jumat 15 Shafar 1445 Hijriyah bertepatan 1 September 2023, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan Prof Dr KH Muammar Bakry Lc MAg akan mengisi khutbah Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta.

Kabar ini disampaikan oleh MUI Sulsel sebagaimana dilansir dari laman MUI Digital, Kamis 31 Agustus 2023. Prof Kiyai Muammar yang juga Rektor Universitas Islam (UIM) Al-Ghazali Makassar ini akan membawakan tema khutbah "Ekologi Spiritual Dalam Merawat Jagat (membangun kesadaran terhadap lingkungan)."

Tema yang sangat bagus dan menarik untuk disimak. Apalagi ibukota Jakarta saat ini tengah dilanda polusi udara yang cukup parah.

Selain menjabat Rektor dan Sekretaris MUI Sulsel, Prof KH Muammar juga merupakan Imam Besar Masjid Al Markaz Islamy Kota Makassar. Sekadar informasi, Prof Muammar mengisi khutbah Jumat di Masjid Istiqlal sejak 2022 dan hingga kini menjadi Khatib tetap di Masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Khotbah Jumat ini akan disiarkan langsung melalui saluran TVRI dan juga live streaming Youtube dan RRI dan juga tayang di Channel Youtube MUI Sulsel.

Profil Singkat Prof KH Muammar Bakry
Prof KH Muammar Bakry menyelesaikan bangku Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DDI Mangkoso Tahun 1990. Tiga tahun berselang, pria berusia 50 tahun ini lulus dari Madrasah Aliyah Pondok Pesantren DDI Mangkoso.

Prof Muammar Bakry melanjutkan pendidikan tinggi di negeri Piramida. Ia terbang belajar di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Di Al-Azhar, Prof Muammar Bakry mengambil studi Islam dan Arab Fakuktas Dirasat Islamiyah Wal Arabiyah dan lulus tahun 1997. Jenjang Magister Prof Muammar Bakry selesai ditempuh di IAIN Alauddin Tahun 1999.

Terakhir, program Doktoral Prof Muammar Bakry diselesaikan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2005. Selain dosen tetap di UIN, ia juga pimpinan Pesantren Multidimensi Alfakhriyah Makassar dan direktur Sekolah Islam Ma'arif.

Tak hanya itu, Pria kelahiran Ujungpandang ini juga dipercaya sebagai Dewan Pengawas Syariah BPRS Dana Moneter dan Harta Insan Karimah. Dan menjabat Dewan Hakim MTQ/STQ Nasional bidang Tafsir dan 30 juz.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)