Biografi Sayyidah Khadijah dan Keistimewaannya (5): Mendapat Salam dari Allah dan Malaikat Jibril

Jum'at, 01 September 2023 - 16:50 WIB
loading...
Biografi Sayyidah Khadijah dan Keistimewaannya (5): Mendapat Salam dari Allah dan Malaikat Jibril
Tak hanya mendapat Salam dari Allah dan Malaikat Jibril, Sayyidah Khadijah diberi kabar gembira tentang tempatnya di Surga kelak. Foto/ist
A A A
Berikut lanjutan biografi dan keistimewaan Sayyidah Khadijah binti Khuwailid, istri pertama Rasulullah ﷺ yang merupakan orang pertama memeluk Islam. Dalam Sirah Sayyidah Khadijah disebutkan bahwa beliau memiliki banyak keutamaan sebagai Ummahatul Mukminin (ibunya orang-orang mukmin).



Pengasuh Ma'had Subulana Bontang Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq mengatakan, umat Islam perlu mengetahui biografi beliau agar menambah kecintaan kita kepada keluar Nabi dan orang-orang salih. Berikut keistimewaan Sayyidah Khadijah :

Mendapat Salam dari Allah dan Malaikat Jibril
Di antara kemuliaan Khadijah lainnya adalah bahwa Allah dan pemimpinnya para Malaikat, yakni Jibril 'alaihissalam hingga menitipkan Salam untuknya. Bahkan bukan sekadar Salam, Khadijah diberi kabar gembira tentang tempatnya di Surga.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata:

أَتَى جِبْرِيلُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَذِهِ خَدِيجَةُ قَدْ أَتَتْكَ مَعَهَا إِنَاءٌ فِيهِ إِدَامٌ أَوْ طَعَامٌ أَوْ شَرَابٌ فَإِذَا هِيَ أَتَتْكَ فَاقْرَأْ عَلَيْهَا السَّلَامَ مِنْ رَبِّهَا عَزَّ وَجَلَّ وَمِنِّي وَبَشِّرْهَا بِبَيْتٍ فِي الْجَنَّةِ مِنْ قَصَبٍ لَا صَخَبَ فِيهِ وَلَا نَصَبَ

"Pada suatu ketika Jibril pernah datang kepada Rasulullah ﷺ berkata, 'Wahai Rasulullah, ini dia Khadijah. Ia datang kepadamu dengan membawa wadah berisi lauk pauk, atau makanan atau minuman. 'Apabila ia datang kepadamu, maka sampaikanlah Salam dari Allah dan dariku kepadanya. Selain itu, beritahukan pula kepadanya bahwa rumahnya di surga terbuat dari emas dan perak, yang di sana tidak ada kebisingan dan kepayahan di dalamnya." (Mutafaqqun 'Alaih)

Istri yang Sangat Patuh dan Penyayang
Sayyidah Khadijah juga sosok istri yang penyayang dan sangat patuh kepada suaminya, Nabi Muhammad ﷺ. Ia senantiasa memposisikan diri sebagai pihak yang melayani suami. Padahal kedudukan sosial, status yang lebih senior secara usia, dan lebih berharta sangat mungkin membuka peluang bagi umumnya istri untuk bersikap arogan terhadap suaminya.

Asy Syafarini al-Hanbali berkata:

من خواص خديجة رضي الله عنها: أنها لم تسؤه قط، ولم تغاضبه، ولم ينلها منه إيلاء ولا عتب قط ولا هجر، وكفى بهذه منقبة

"Di antara kekhushusan Khadijah radhiyallahu 'anha adalah, beliau tidak pernah sama sekali berbuat buruk kepada Nabi ﷺ. Tidak ada sesuatu pun keburukan dan cela yang pernah Nabi temui darinya. Demikian pula Nabi ﷺ tidak pernah marah lalu mendiamkannya. Maka cukuplah ini semua membuktikan kedudukannya." [Lawami' al Anwar (2/375)]

(Bersambung)!

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)