2 Tanda Kiamat Sudah Dekat Berdasar Hadis tentang Dialog Rasulullah SAW dengan Jibril

Selasa, 05 September 2023 - 05:15 WIB
loading...
2 Tanda Kiamat Sudah Dekat Berdasar Hadis tentang Dialog Rasulullah SAW dengan Jibril
Salah satu tanda kiamat adalah seorang budak yang melahirkan tuannya. Ilustrasi: Masyudi
A A A
Potongan hadis dari Umar bin Khattab ra yang menceritakan tentang dialog Nabi Muhammad SAW dengan malaikat Jibril tentang Islam, Iman, Ikhsan, dan hari kiamat, terdapat penjelasan mengenai tanda-tanda kiamat sudah dekat.

Tatkala Malaikat Jibril berkata: “Kabarkan kepada saya tentang tanda-tanda kiamat!”

Nabi SAW menjawab: “Ketika seorang budak melahirkan tuannya dan engkau mendapati seorang yang tak bersandal dan tak berpakaian lagi miskin pengembala kambing berlomba-lomba dalam bangunan.”



Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi dalam bukunya berjudul "Syarah 10 Landasan Agama dari Kalimat Nubuwwah" menjelaskan Nabi Muhammad SAW mengabarkan dalam hadis ini tentang sebagian tanda-tanda kiamat, beliau menyebutkan dua tanda:

Pertama, seorang budak yang melahirkan tuannya. Hal ini sebagai isyarat tentang banyaknya penaklukan negara-negara kafir dan banyaknya tawanan yang menjadi budak.

Kedua, para fakir miskin yang tak bersandal dan tak berpakaian berlomba-lomba membangun dunia. Ini sebagai isyarat tentang cinta dunia yang menjangkiti banyak orang sehingga para fakir miskin berlomba-lomba dengan orang kaya dalam masalah dunia.

Abu Ubaidah Yusuf mengatakan bahwa para ulama menyebutkan tanda kiamat ada dua macam: Pertama: Tanda kiamat shughra (kecil) yang terjadi sebelum terjadinya kiamat dengan jarak yang cukup lama dan menjadi sudah hal yang biasa; seperti kurang ilmu agama, banyaknya khamr, perzinaan, pembunuhan, riba, dan sebagainya.

Kedua, tanda kiamat kubra (besar) yang terjadi menjelang kiamat tiba dan bukan hal yang biasa; seperti keluarnya Dajjal, turunnya Isa bin Maryam, terbitnya matahari dari arah barat, dan sebagainya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)