Sifat Qanaah: Arti, Ciri dan Contohnya

Sabtu, 23 September 2023 - 07:00 WIB
loading...
Sifat Qanaah: Arti, Ciri dan Contohnya
Qanaah adalah sikap puas dan menerima dengan lapang dada terhadap apa yang dimiliki, baik dalam hal harta, status, maupun keadaan hidup. Foto ilustrasi/ist
A A A
Sifat qanaah adalah karakteristik yang mengacu pada sikap manusia untuk menerima dan puas dengan apa yang dimilikinya, tanpa merasa terus-menerus ingin memiliki lebih atau mencari kekayaan yang berlebihan.

Qanaah berasal dari bahasa Arab yang berarti kepuasan, kerelaan, atau kenyamanan hati terhadap apa yang telah diberikan Allah.

Arti Sifat Qanaah

Qanaah adalah sikap puas dan menerima dengan lapang dada terhadap apa yang dimiliki, baik dalam hal harta, status, maupun keadaan hidup. Sifat ini didasarkan pada keyakinan bahwa apa yang telah diberikan oleh Tuhan adalah secukupnya dan patut disyukuri.

Sifat qanaah mengandung makna bahwa seseorang merasa puas dengan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Sikap ini membawa kedamaian jiwa dan menjauhkan dari kecenderungan serakah atau tamak.

Umat Muslim yang mengadopsi sikap qanaah menerima keadaan hidupnya dengan rela, tanpa mengeluh dan tidak pernah sekalipun mendambakan kebahagiaan yang dimiliki orang lain.

Ciri Sifat Qanaah

1. Memiliki Kepuasan dengan Apa yang Dimiliki

Orang yang memiliki sifat qanaah akan merasa puas dengan apa yang telah mereka peroleh. Mereka tidak terus-menerus merasa tidak puas dan selalu ingin lebih.

2. Rasa Syukur yang Mendalam

Seseorang yang qanaah akan memiliki rasa syukur yang mendalam terhadap segala apa yang dimilikinya. Mereka menghargai setiap nikmat yang diberikan Allah tanpa merasa kurang atau tidak cukup.

3. Tidak Mudah Iri Hati

Individu yang memiliki sifat qanaah tidak mudah iri terhadap keberhasilan atau kekayaan orang lain. Mereka bahagia dengan pencapaian diri sendiri dan tidak membandingkan hidupnya dengan orang lain.

4. Mampu Mengendalikan Hawa Nafsu

Orang yang memiliki qanaah mampu mengendalikan hawa nafsu untuk selalu ingin lebih dan lebih. Mereka memiliki keseimbangan dalam menjalani hidup dan tidak terjebak dalam siklus keinginan yang tak terbatas.

5. Berfokus pada Hal-hal yang Lebih Penting

Sifat qanaah membantu seseorang untuk memprioritaskan hal-hal yang lebih penting dalam hidup, seperti hubungan sosial, spiritualitas, dan pengembangan diri, daripada hanya memburu materi atau status.

Contoh Sifat Qanaah

1. Selalu bersyukur atas segala sesuatu yang Allah SWT berikan.
2. Hidup sederhana dan menjauhi sifat tamak.
3. Tidak pernah merasa iri hati atas pencapaian orang lain.
4. Tidak mudah kecewa.
5. Tidak mudah putus asa dan tetap semangat menjalani hidup.
6. Yakin jika segala sesuatu pemberian Allah SWT adalah sebaik - baiknya rezeki.
7. Selalu merasa cukup atas kehidupan yang dimiliki.
8. Selalu mengedepankan urusan untuk mengejar Akhirat.
9. Rajin bekerja untuk meraih segala hasil yang terbaik menurut Allah SWT.
10. Turut bahagia atas kebahagian orang lain tanpa rasa iri.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4658 seconds (0.1#10.140)