9 Fakta Yahudi Haredi, Salah Satunya Ingin Israel Hancur

Sabtu, 04 November 2023 - 09:55 WIB
loading...
9 Fakta Yahudi Haredi, Salah Satunya Ingin Israel Hancur
Setidaknya ada 9 fakta Yahudi Haredi. Ilustrasi: Ist
A A A
Setidaknya ada 9 fakta Yahudi Haredi . Sebelum membicarakan itu, sebaiknya kita mengenal sekte Yahudi secara sepintas. Survei Pew Research Center menemukan bahwa hampir semua orang Yahudi Israel mengidentifikasi diri mereka dengan salah satu dari empat subkelompok: Haredi (ultra-Ortodoks), Dati (religius), Masorti (tradisional), dan Hiloni (sekuler).

Selain perbedaan keyakinan dan praktik keagamaan, kelompok-kelompok ini juga menghuni dunia sosial yang berbeda-beda dan dicirikan oleh gaya hidup dan politik mereka masing-masing.



Berikut adalah 9 fakta Yahudi Haredi:

1. Paling Taat beragama

Haredi adalah kelompok yang paling taat beragama di Israel, dengan 96% mengatakan agama sangat penting dalam kehidupan mereka, dibandingkan dengan 30% dari seluruh Yahudi Israel.

2. Menjalani kehidupan menyendiri

Kata “Haredi” secara harfiah diterjemahkan menjadi “gemetar” atau 'takut akan Tuhan', dan sebagian besar Haredi menjalani kehidupan mereka terpencil dari masyarakat.

3. Menentang perkawinan campur

Mereka mempunyai sedikit teman dekat di luar kelompok mereka sendiri, dan mereka umumnya menentang perkawinan campur dengan subkelompok Yahudi lainnya.



4. Cenderung berpakaian konservatif

Haredi cenderung berpakaian lebih konservatif, sering kali menyertakan kippa hitam besar dan topi shtreimel atau fedora untuk pria dan wig atau penutup kepala lainnya untuk wanita.

5. Cenderung sekolah agama

Laki-laki Haredi lebih cenderung bersekolah di lembaga pendidikan agama (yeshivas), yang secara tradisional juga mengecualikan mereka dari persyaratan wajib militer yang dihadapi warga negara Israel lainnya – sesuatu yang baru-baru ini menjadi topik kontroversi dalam politik Israel. Sepenuhnya 83% dari Haredi mendukung mempertahankan pengecualian ini, tetapi kurang dari separuh subkelompok Yahudi lainnya setuju.

6. Bersikap ambivalen terhadap negara Israel

Haredim lebih bersikap ambivalen atau menentang terhadap negara Israel dibandingkan orang Yahudi lainnya dalam beberapa hal. Mereka telah lama merasa bahwa tidak seharusnya ada pendirian negara Yahudi formal sebelum kedatangan Mesias.



7. Menentang Zionis

Haredi jauh lebih kecil kemungkinannya dibandingkan orang Yahudi Israel lainnya untuk mengidentifikasi dirinya sebagai Zionis. Bahkan menurut Britannica, mereka menentang Zionisme atau gerakan kembali ke Tanah Zion atau Yerussalem. Mereka menganggap gerakan Zionisme melanggar sumpah untuk tidak berpolitik di kalangan orang-orang Yahudi.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3617 seconds (0.1#10.140)