4 Fakta Abu Ubaidah, Sosok Jubir Hamas yang Diidolakan Wanita Tapi Ditakuti Israel

Jum'at, 17 November 2023 - 15:15 WIB
loading...
4 Fakta Abu Ubaidah, Sosok Jubir Hamas yang Diidolakan Wanita Tapi Ditakuti Israel
Abu Ubaidah, juru bicara militer Pejuang Hamas Palestina. Foto media al qasam
A A A
Abu Ubaidah kini tengah jadi salah satu pentolan Hamas yang menuai banyak perhatian. Itu terjadi setelah video yang menampilkan pidatonya viral di sosial media.

Abu Ubaidah sendiri merupakan seorang juru bicara Brigade Al Qassam Hamas yang baru-baru ini menyampaikan pidato yang berkaitan dengan perang Hamas dan Israel.

Sosok Abu Ubaidah sendiri tergolong misterius karena selalu tampil dengan sorban yang menutup wajahnya. Sehingga membuat pihak Israel cukup kesulitan untuk mengidentifikasinya.

Pidato penyulut semangat dan pemantik kontroversi yang disajikannya juga kerap membuat pihak Israel segan dan bahkan takut padanya.

4 Fakta Abu Ubaidah

1. Menjadi Idola Wanita di Sosial Media

Kemunculan Abu Ubaidah di sosial media lantas langsung mencuri perhatian warganet yang kebanyakan adalah kaum Hawa. Cukup banyak komentar-komentar dari wanita yang ditujukan bagi juru bicara Brigade Al Qassam Hamas tersebut.

Misalnya seperti, "Subhanallah suaranya saja sudah membuat kita jatuh cinta,,bagaimana dengan suara nabi kita Muhammad saw," tulis inaksiti.

Tidak hanya itu, namanya bahkan sempat menjadi trending dan fyp. Salah satu pemilik akun TikTok @rahsya1029 menyebut jika "Di saat Abu Hamzah ataupun Abu Ubaidah sedang jadi idola wanita zaman now".

2. Namanya adalah Nama Samaran

Rupanya nama Abu Ubaidah bukanlah nama asli dari juru bicara Hamas tersebut. Israel mempercayai bahwa itu adalah nama samaran yang diambil dari nama sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Ubaidah bin Jarrah.

Abu Ubaidah sendiri merupakan salah satu sahabat Rasulullah yang dijanjikan surga. Dia juga dikenal sebagai salah satu komandan Rasyidin dari keturunan kaum Quraisy.

Salah satu kisah yang mencolok tentang diri Abu Ubaidah bin Jarrah sendiri adalah ketika dia harus membunuh ayahnya sendiri di Perang Badar.

3. Jadi Juru Bicara Hamas Sejak 2005

Awal mula Abu Ubaidah ditunjuk sebagai juru bicara Brigade Al Qassam Hamas terjadi pada tahun 2005. Namun dirinya baru muncul di publik tahun 2006 ketika mengumumkan penangkapan tentara Israel Gilad Shalit.

Kemudian pada tahun 2020, dirinya kembali muncul setelah Israel berencana untuk mencaplok Tepi Barat. Dia juga muncul di tahun 2021, dengan mengatakan bahwa menyerang Tel Aviv, Dimona, Ashdod, Ashkelon dan Beersheba "lebih mudah bagi kami daripada minum air."

4. Identitasnya Diungkap Israel

Karena Israel mengetahui jika nama Abu Ubaidah bukanlah nama asli, mereka lantas melakukan beberapa pencarian. Hingga pada akhirnya sebuah identitas yang merujuk padanya ditemukan.

Setelah itu, pihak israel langsung mengungkapkan nama asli Abu Ubaidah melalui sosial media. Dalam laman Roya News, nama asli Abu Ubaida adalah Hathaifa Sameer Abdullah Al-Kahlout.

Untuk identitas wajah dari Abu Ubaidah sendiri telah dimunculkan pada tahun 2014. Fotonya saat itu pertama kali terungkap dalam siaran Al-Aqsa Channel yang berafiliasi dengan gerakan Hamas.

Meski begitu, aksi pengungkapan ini disebut-sebut sebagai bagian dari kampanye propaganda Pendudukan Israel yang dipimpin oleh juru bicara Pasukan Pendudukan Israel (IOF), Avichay Adraee.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)