Sifat Allah yang Tertuang dalam Surat Yasin Ayat 82

Senin, 27 November 2023 - 09:40 WIB
loading...
Sifat Allah yang Tertuang dalam Surat Yasin Ayat 82
Sifat Allah yang tertuang dalam Surat Yasin ayat 82, di antaranya adalah Al Muqtadir yang artinya Maha Berkuasa dan Iradat yang artinya Maha Berkehendak. Foto ilustrasi/ist
A A A
Surat Yasin merupakan salah satu surat dalam Al-Qur'an yang memegang posisi penting dan dihormati dalam kehidupan umat Islam. Surat Yasin dianggap sebagai "jantung Al-Qur'an" karena keutamaannya yang luar biasa. Rasulullah SAW telah menyebutkan bahwa membaca Surat Yasin memiliki pahala yang besar bagi pembacanya

Tujuan dari surat Yasin adalah untuk mengajarkan keyakinan kepada manusia, terutama mengenai kenabian dan kepastian akan hari kebangkitan. Surat Yasin juga mengandung banyak sifat-sifat Allah, salah satunya dijelaskan dalam ayat 82, yang akan diuraikan secara lebih detail:

Sifat Allah yang Tertuang dalam Surat Yasin Ayat 82

Hal yang perlu diketahui umat Muslim adalah adanya banyak sifat Allah yang tertuang dalam Surat Yasin ayat 82. Di antaranya adalah Al Muqtadir yang artinya Maha Berkuasa dan Iradat yang artinya Maha Berkehendak.

Adapun bunyi Surat Yasin ayat 82 sebagai berikut:

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ


Latin: Innamaa amruhuu idzaa araada syaian an yaquula lahuu kun fayakuun.

Artinya: Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, "Jadilah!" Maka terjadilah ia. (QS. Yasin: 82).

Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Yasin ayat 82 menyatakan bahwa Allah hanya perlu menyuruh sesuatu sekali saja; ketika Dia menghendaki suatu hal, Dia hanya berkata, "Jadilah," sekali saja, dan hal itu terjadi.

Surat Yasin ayat 82 menyatakan bahwa Allah memiliki kekuasaan yang luar biasa dalam menciptakan segala sesuatu. Dalam kehendak-Nya untuk menciptakan makhluk, Allah hanya perlu mengucapkan "Jadilah," dan dengan segera makhluk tersebut tercipta.

Pada ayat tersebut juga mengandung makna bahwa Allah adalah satu-satunya. Ini berarti, bagaimana mungkin ada yang setara atau sama dengan Allah, sementara Allah adalah penguasa segalanya dan segala sesuatu akan kembali kepada-Nya dan dihisab oleh-Nya pada hari kiamat. Allah adalah pencipta yang Maha Kuasa, yang mampu menciptakan segala sesuatu.

Demikian ulasan mengenai sifat Allah yang tertuang dalam Surat Yasin ayat 82. Semoga informasi dapat bermanfaat.


Wallahu A’lam.
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)