Sudah Ribuan Kali Sholat Tapi Tidak Tahu Arti Bacaannya, Bagaimana Hukumnya?

Selasa, 28 November 2023 - 19:36 WIB
loading...
Sudah Ribuan Kali Sholat Tapi Tidak Tahu Arti Bacaannya, Bagaimana Hukumnya?
Ibadah sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab pada Hari Kiamat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Sholat merupakan perkara paling penting dalam Islam dan menjadi rukun kedua setelah Syahadat. Sholat menjadi media komunikasi antara seorang hamba dengan sang Khalik, Allah 'Azza wa Jalla.

Di antara umat Islam ada yang sudah sholat ribuan kali tapi tidak paham arti bacaannya. Bagaimana hukumnya dalam Islam? Apakah sholatnya sah? Simak ulasan berikut.

Seperti diketahui, ibadah sholat adalah amalan yang pertama kali dihisab pada Hari Kiamat. Jika sholatnya baik maka baiklah seluruh amalannya yang lain. Dan jika sholatnya rusak maka rusaklah seluruh amalannya yang lain.

Sholat bukan perkara main-main. Ibadah ini diperintahkan oleh Allah secara langsung kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ ketika Beliau Mi'raj. Dari 50 waktu yang diperintahkan, Allah kemudian memberi keringanan melaksanakan sholat 5 kali dalam sehari. Sungguh Allah Maha Penyayang.

Perintah mendirikan sholat 5 waktu ini secara tegas disebutkan dalam Al-Qur'an sebagaimana firman-Nya:

حَافِظُوْا عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى وَقُوْمُوْا لِلّٰهِ قٰنِتِيْنَ

Artinya: "Peliharalah semua sholat (fardhu) dan sholat Wustha) dan berdirilah karena Allah (dalam sholat) dengan khusyuk." (QS Al-Baqarah ayat 238)

Allah memerintahkan hamba-Nya agar melaksanakan sholat dengan khusyuk dan tawadhu'. Sebab pemusatan pikiran kepada Allah semata-mata adalah tingkatan sholat paling baik dan membekas pada jiwa manusia. Karena pentingnya sholat ini, seorang Muslim tidak boleh meninggalkannya walau dalam keadaan bagaimana pun.

Di antara fadhilah sholat 5 waktu ini disebutkan Rasulullah ﷺ dalam Hadis berikut: "Sesungguhnya shalat lima waktu itu menghilangkan dosa-dosa sebagaimana air menghilangkan kotoran." (HR Muslim)

Hukum Orang yang Sholat Tapi Tidak Tahu Artinya
Mungkin di antara kita ada yang sholat namun tidak tahu arti bacaannya. Untuk diketahui, rukun sholat dimulai dari berniat dan berakhir dengan Salam.

Di antara bacaan yang wajib dibaca ketika sholat adalah mengucap Takbiratul Ihram, membaca Surat Al-Fatihah, membaca Tahiyat, membaca sholawat Nabi dan Salam. Adapaun bacaan saat rukuk, iktidal, sujud, doa di antara dua sujud, dan doa tasyahud hukumnya sunnah. Namun, semuanya harus dilafalkan dengan Bahasa Arab sebagaimana yang diajarkan oleh Baginda Nabi.

Dalam satu kajian yang dilansir dari media sosial, Ustaz Abdul Somad (UAS) menjelaskan hukum orang sholat tapi tidak mengerti bacaannya. UAS menjelaskan bahwa di antara syarat sah sholat adalah membaca Surat Al-Fatihah. Rasulullah ﷺ bersabda:

لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ

Artinya: "Tidak sah sholat seseorang yang tidak membaca Surat Al-Fatihah." (HR Al-Bukhari)

UAS mengatakan bahwa syarat sah sholat tidak harus mengetahui arti bacaannya, namun dianjurkan untuk memahami makna bacaan sholat mulai dari niat, takbir dan rukun-rukunnya secara global. Meskipun tidak paham artinya, sholatnya tetap dihukumi sah. Hanya saja, seorang muslim diperintahkan untuk terus berusaha mengerti dan belajar memahami makna bacaan sholat.

Karena itu, seorang muslim hendaknya melaksanakan sholat dengan khusyuk dan melafazkan bacaannya dengan baik dan benar. Bahkan dianjurkan untuk mengerti bacaan sholat agar ibadahnya bernilai di sisi Allah. Maka berusahalah belajar untuk memahami bacaan sholat, karena sholat merupakan amalan pertama yang dihisab pada Hari Kiamat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)