Apa Tugas Nabi Isa di Akhir Zaman? Ini Penjelasannya

Kamis, 07 Desember 2023 - 18:39 WIB
loading...
Apa Tugas Nabi Isa di Akhir Zaman? Ini Penjelasannya
Ada sejumlah tugas Nabi Isa di akhir zaman yang terbilang sangat penting. Salah satunya adalah membunuh Dajjal. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada sejumlah tugas Nabi Isa di akhir zaman atau kiamat yang terbilang sangat penting. Salah satunya adalah membunuh Dajjal. Pada kepercayaannya, umat Islam meyakini kedatangan hari akhir atau kiamat. Waktu pasti tentang hancurnya alam semesta beserta isinya tersebut hanya diketahui oleh Allah Swt.

Kendati demikian, umat Muslim sudah mengetahui berbagai tanda-tanda semakin dekatnya hari kiamat . Salah satunya adalah turunnya Nabi Isa Alaihissalam ke muka bumi.

Bukan tanpa alasan, Nabi Isa diturunkan kembali ke bumi dengan membawa sejumlah tugas. Lantas, apa sajakah tugas-tugas tersebut?

Tugas Nabi Isa di Akhir Zaman

Salah satu tugas utama Nabi Isa di akhir zaman adalah menyelamatkan umat manusia, khususnya dari fitnah dan kehancuran yang dibawa Dajjal. Nantinya, ia disebut akan muncul dari Kota Damaskus, tepatnya di sisi menara putih, sebelah timur kota.

Pada salah satu riwayat, Rasulullah SAW menyebutkan ciri-ciri Nabi Isa 'alaihissalam:

لَيْسَ بَيْنِى وَبَيْنَهُ نَبِىٌّ – يَعْنِى عِيسَى – وَإِنَّهُ نَازِلٌ فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُ فَاعْرِفُوهُ رَجُلٌ مَرْبُوعٌ إِلَى الْحُمْرَةِ وَالْبَيَاضِ بَيْنَ مُمَصَّرَتَيْنِ كَأَنَّ رَأْسَهُ يَقْطُرُ وَإِنْ لَمْ يُصِبْهُ بَلَلٌ فَيُقَاتِلُ النَّاسَ عَلَى الإِسْلاَمِ فَيَدُقُّ الصَّلِيبَ وَيَقْتُلُ الْخِنْزِيرَ وَيَضَعُ الْجِزْيَةَ


Artinya: "Tidak ada Nabi (yang hidup) antara masaku dan Isa. Sungguh, kelak ia akan turun, jika kalian melihatnya maka kenalilah. Ia adalah seorang laki-laki yang sedang (tidak tinggi dan tidak terlalu pendek), berkulit merah keputih-putihan, beliau memakai di antara dua kain berwarna sedikit kuning. Seakan rambut kepala beliau menetes meski tidak basah. Beliau akan memerangi manusia hingga mereka masuk ke dalam Islam, beliau akan menghancurkan salib, membunuh babi dan menghapus jizyah." (HR Abu Dawud)

Turunnya Nabi Isa sudah sangat ditunggu oleh orang-orang yang beriman. Sebelum kedatangannya, bumi dan segala isinya dalam keadaan semrawut akibat Dajjal.

Membawa fitnah yang amat besar, Dajjal pun banyak membuat orang terpedaya dan berakhir menjadi pengikutnya. Sementara para manusia yang menolaknya akan berakhir sengsara.

Kedatangan Nabi Isa Alaihissalam nanti akan membantu menyelamatkan umat manusia yang masih bertahan dengan imannya kepada Allah Swt. Pada akhirnya, beliau pun akan membunuh Dajjal.

Saat Nabi Isa turun, para hamba Allah yang beriman berkumpul di sekelilingnya. Setelahnya, mereka berjalan bersama untuk menjumpai Dajjal.

Melihat Nabi Isa, Dajjal akan mencair seperti garam yang larut. Berusaha kabur, Nabi Isa terus mengejar dan berhasil membunuhnya.

Saat Dajjal kalah, para pengikutnya pun ketakutan. Namun, orang-orang yang beriman mengejar dan membunuh mereka meski bersembunyi dibalik pepohonan dan bebatuan.

Turunnya Nabi Isa di akhir zaman juga bakal menjadi kebenaran firman Allah, sekaligus meruntuhkan keyakinan orang-orang Nasrani. Pada salah satu riwayat yang dinukil Syaikh Mahmud Athiyah Muhamamd Ali dijelaskan bahwa:

"Dia (Nabi Isa a'laihissalam) akan membunuh segala kesesatan, menghancurkan salib, membunuh babi, serta meletakkan jizyah."

Selain itu, turunnya Nabi Isa ini juga akan meruntuhkan anggapan orang-orang Yahudi yang mengklaim telah membunuh Nabi Isa di masa lampau. Lantas, Allah SWT menampakkan kebohongan mereka, tepat di depan matanya sendiri.

Demikian ulasan mengenai tuga Nabi Isa di akhir zaman yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.



Wallahu a’lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3026 seconds (0.1#10.140)